|

Ops Ketupat Toba 2020 Hingga 7 Juni Mendatang


INILAHMEDAN - Medan : Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja, Polda Sumut memperpanjang masa Operasi Ketupat Toba demi mencegah penyebaran covid-19.

" Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara memperpanjang masa Operasi Ketupat Toba 2020 hingga 7 Juni mendatang. Perpanjangan Operasi Ketupat Toba 2020 merupakan instruksi langsung Kapolri, Jenderal Idham Aziz," katanya, Kamis (28/05/20). 

Menurut juru bicara Mapolda Sumut itu, perpanjangan masa Operasi Ketupat Toba itu sekaligus untuk mengantisipasi pemudik masuk ke Sumatera Utara serta upaya pencegahan penyebaran covid-19.

" Tetap dalam Operasi Ketupat Toba 2020 fokus mengantisipasi pemudik masuk ke Sumatera Utara sebagai bentuk pencegahan covid-19," sebutnya.

Dalam Operasi Ketupat Toba tahun ini, kata dia, Polda Sumut menurunkan 11 ribu personil yang ditempatkan disejumlah pos pengamanan.

Dimana 25 diantaranya merupakan pos Chek Point penyekatan untuk mengantisipasi para pemudik yang masuk atau keluar dari wilayah Sumut.

" Hal ini sebagai tindak lanjut instruksi Presiden RI dan Kapolri terkait larangan mudik untuk mencegah persebaran covid-19," ungkapnya.

Tatan menjelaskan, bagi masyarakat dari wilayah lain yang ingin memasuki wilayah Sumut harus memenuhi beberapa syarat. Seperti memiliki surat yang menyatakan rapid tes negatif serta surat perjalanan yang jelas.

Sambungnya, bila sudah tiba di pos Check Point perbatasan, warga akan dicek suhu tubuh serta kendaraan yang digunakan disemprot cairan desinfektan.

" Sampai saat ini pasca perayaan Idul Fitri 1441 H kondisi Kamtibmas di Sumatera Utara berjalan aman tanpa adanya gangguan," tukasnya. (imc/joy)

Komentar

Berita Terkini