|

Bupati Asahan Vidcon Dengan IDN Chapter Malaysia Soal Pemulangan TKI


INILAHMEDAN - Asahan: Bupati Asahan H Surya Bsc melakukan Video Conference (VidCon) dengan Indonesian Diaspora Network (IDN) Chapter Malaysia terkait pemulangan TKI asal Asahan.

Vidcon dilakukan di ruang Command Center Dinas Kominfo Kabupaten Asahan, Kamis (28/05/2020). Turut mendampingi Bupati yakni Asisten Perekonomian dan Pembangunan dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan.

Presiden Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia Dato' Sri Chairul Anhar bersama dengan Sekretaris Jenderal IDN Chapter Malaysia Lukman Hakim mengatakan pihaknya siap bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Asahan dalam pemulangan para TKI yang terkena dampak Covid-19 yang saat ini bekerja di Malaysia.

Dalam pemulangan para TKI ini, kata dia, pihaknya akan memprosesnya dengan melakukan tahapan yaitu bagi para TKI yang memiliki paspor proses pemulangannya akan lebih mudah dan bagi para TKI yang tidak memiliki paspor atau paspor mati akan dibantu dengan pembuatan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP).

"Sehingga para TKI ini dapat pulang dengan cara yang baik, tanpa menggunakan kapal tongkang," katanya.

Dia juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara untuk menjaga database para TKI yang telah dipulangkan.

"Kepada para TKI jika ingin kembali lagi untuk bekerja di Malaysia setelah wabah Covid-19 berakhir diharapkan menggunakan administrasi yang lengkap sehingga jika ada hal-hal yang tidak diinginkan kita dapat mengembalikannya dengan lebih mudah," ungkapnya.

Dia juga meminta Pemkab Asahan untuk menembuskan surat kepada Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia, sehingga nantinya pihaknya tidak disalahkan oleh pihak manapun.

Sementara Bupati mengatakan atas nama Pemkab Asahan mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan bantuan yang diberikan Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia dalam pemulangan para TKI asal Asahan.

Bupati juga mengatakan dalam setiap pemulangan para TKI baik legal maupun ilegal, Pemkab Asahan selalu memberikan pelayanan yang baik.(imc/adlin)
Komentar

Berita Terkini