|

Lockdown Sebabkan Virus Corona Semakin Meluas


INILAHMEDAN - Jakarta : Ketua Gugus Tugas percepatan penanganan covid-19 Doni Monardo menyebut penerapan lockdown di sejumlah negara justru menyebabkan virus corona semakin meluas.

Sejumlah negara yang diketahui menerapkan lockdown yakni, India, Italia, Spanyol, Prancis, dan China.

" Beberapa negara yang telah melakukan lockdown dan kawasan tersebut merupakan kawasan padat penduduk yang telah menimbulkan wabah semakin meluas dan tentunya menimbulkan risiko yang sangat besar," ujarnya dalam jumpa pers melalui akun YouTube Sekretariat Kabinet, seperti ditulis CNNIndonesia.com, Senin (27/04/20).

Ia mengatakan, pemerintah Indonesia berkukuh tak akan melakukan lockdown demi menekan laju persebaran covid-19. Saat ini kebijakan yang diambil di sejumlah daerah adalah dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Doni mengingatkan agar masyarakat disiplin menerapkan pembatasan jarak fisik, mengenakan masker saat keluar rumah, dan mencuci tangan.

" Sehingga pilihan untuk tidak lockdown adalah suatu upaya yang sangat baik. Dimana kita semua mampu menjaga keseimbangan antara memperhatikan aspek kesehatan dan juga piskologis masyarakat," sebutnya. 

Hal serupa juga pernah disampaikan Presiden Joko Widodo dalam acara Mata Najwa beberapa waktu lalu. Jokowi menyebut tidak ada negara yang berhasil menerapkan lockdown dalam menangani pandemi covid-19.

" Bukan karena masalah bujet, kita kan juga belajar dari negara-negara lain. Apakah lockdown itu berhasil menyelesaikan masalah, kan tidak," ucapnya.

Pernyataan itu menuai kritik dari sejumlah pihak. Beberapa negara seperti China, Vietnam, Australia dan Brunei Darussalam justru menjadi

contoh yang cukup berhasil dengan lockdown. Negara-negara tersebut mampu menekan laju penyebaran dengan mewajibkan warganya tetap tinggal di rumah. (*/imc/joy)
Komentar

Berita Terkini