|

Kelola 10.091 Ton Sampah/Hari, Sumut Luncurkan Gerakan Pilah Sampah dari Rumah

Sekdaprov Sumut R Sabrina didampingi Wakil Bupati Deliserdang Yusuf Siregar dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumut Binsar Situmorang memberikan hadiah kepada pemenang berbagai perlombaan,  usai peluncuran kegiatan Gerakan Pilah Sampah dari Rumah, di Taman Cadika Lubukpakam, Jalan Tirta Deli, Kabupaten Deliserdang, Selasa (26/11/2019).(foto: ist)


INILAHMEDAN - Deliserdang: Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) meluncurkan Gerakan Pilah Sampah dari Rumah di Taman Cadika Lubukpakam, Deliserdang, Selasa (26/11/2019).

Sampai saat ini, Sumut menghasilkan timbunan sampah sekitar 10.091 ton/hari atau 3.683.135 ton/tahun. Namun yang terkelola baru hanya 11 persen.

"Hanya 11 persen sampah kita yang terkelola. Masalah utama pengelolaan sampah ini adalah perilaku dan peran serta masyarakat yang masih rendah sehingga terus memproduksi sampah dalam jumlah besar," kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina saat membuka kegiatan tersebut.

Masalah sampah terjadi di seluruh Indonesia. Karena itu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan meluncurkan program Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Rumah. Tujuannya agar mempermudah proses pengumpulan dan pengangkutan ke tempat pengelolaan sampah dan pemrosesan akhir.

Gerakan pemilahan sampah dari rumah dinilai penting. Karena secara nasional rumah tangga menghasilkan 36 persen sampah. asar dan perniagaan 38 persen dan sisanya 26 persen dari perkantoran dan fasilitas publik.

"Gerakan ini sangat tepat karena sampah paling besar berasal dari masyarakat. Sekarang Pemprov Sumut mengaplikasikannya di Sumut. Kita harus ingat masalah ini masalah kita, tanggung jawab kita, tidak bisa diserahkan sepenuhnya kepada petugas," tambah Sabrina.

Wakil Bupati Deliserdang Yusuf Siregar mengatakan daerahnya selaku tuan rumah kegiatan ini menghasilkan timbunan sampah sekitar 1.078 ton/hari dengan jumlah penduduk 2.155.625 jiwa.
"Deliserdang sendiri menghasilkan sampah 1.078 ton/hari dan aktivitas serta kebutuhan manusia meningkat. Tidak ada pilihan lain, kita harus mengubah cara pandang kita terkait pengelolaan sampah," kata Yusuf Siregar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumut Binsar Situmorang mengatakan dengan membudayakan pemilihan sampah maka akan mempermudah pengelolaan sampah.

Pemprov Sumut juga memberikan bantuan 3 unit becak untuk mempermudah pengelolaan sampah di Deliserdang. Selain itu juga diadakan perlombaan foto bertemakan lingkungan, lomba kreasi dan daur ulang tingkat SMP, serta lomba menggambar dan mewarnai tingkat SD. Tujuannya untuk terus menggemakan pemilahan sampah daru rumah tangga.(imc/bsk)






Komentar

Berita Terkini