|

Dirut PD Pasar Pastikan Pedagang Eks Pasar Aksara Dapat Tempat di Lokasi Baru

Direktur Utama PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya mendampingi Presiden Jokowi di eks Pasar Aksara yang terbakar pada Juli 2016 silam. (foto: doc)

INILAHMEDAN - Medan: Direktur Utama PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya memastikan pedagang eks Pasar Aksara akan mendapatkan tempat berjualan di pasar yang baru usai pembangunannya rampung di Jalan Masjid. Sebagaimana diketahui, Pasar Aksara terbakar pada Juli 2016 silam.

"Kita pastikan para pedagang nantinya akan mendapatkan tempat di pasar yang akan dibangun di Jalan Masjid," kata Rusdi Sinuraya kepada wartawan, Rabu (09/10/2019).

Rusdi mengutarakan hal itu menyahuti pernyataan Ketua DPRD Medan Hasyim yang meminta Pemerintah Kota Medan mengakomodir kelurahan pedagang eks Pasar Aksara, Rabu (09/10/2019).

Kata Rusdi, saat ini pembangunan Pasar Aksara masih dalam proses penyusunan perencanaan detail bangunan yang dilakukan Balai Sumut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Kita harapkan selesai bulan November ini," katanya.

Setelah itu, kata dia, Kementerian PUPR akan melakukan lelang proyek pada Desember 2019. Diharapkan Januari dan Pebruari sudah dimulai pekerjaan fisik bangunan Pasar Aksara yang baru di Jalan Masjid, sekitar 200 meter dari eks Pasar Aksara yang terbakar.

Rusdi mengimbau kepada para pedagang yang berada di penampungan sementara di Terminal Aksara dan pasar-psar terdekat seperti Pasar Halat, Bakti, Sukaramai dan Sentosa Lama diminta bersabar.

"Pasar sudah menjadi atensi Bapak Presiden. Itu beliau sampaikan saat meninjau langsung lokasi pasar pasca terbakar pada Jumat, 17 November 2017 lalu. Presiden juga sudah menerbitkan Keputusan Presiden (Kepres) No 64 Tahun 2018," kata Rusdi.

Rusdi mengatakan sebanyak 819 pedagang Pasar Aksara tidak perlu lagi kawatir karena akan tertampung semuanya di lokasi yang baru.

"Apalagi perhatian Bapak Wali Kota Medan terhadap pedagang sangat besar dan serius. Jadi sekali lagi kita minta pedagang bersabar," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Medan Hasyim meminta Pemko Medan tidak menunda-nunda pembangunan Pasar Aksara di lokasi yang baru.

"Kita tidak ingin nasib pedagang sengsara. Jadi Pemko perlu mempercepat pembangunan Pasar Aksara yang baru," tegasnya saat menerima audiensi pengurus Persatuan Pedagang Pasar Tradisional Sumatera Utara di di DPRD Medan, Selasa (08/10/2019).(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini