|

Himmah Desak Bawaslu Medan Usut Dua Ijazah Caleg PDIP

Massa PC Himmah Kota Medan mendatangi kantor Bawaslu Medan mendesak Bawaslu untuk menindaklanjuti dua ijazah yang dimiliki Robi Barus yang merupakan anggota DPRD Medan periode 2014-2019 dan caleg terpilih tahun 2019-2024.(imc/hendra)

INILAHMEDAN - Medan: Pengurus Cabang Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (PC Himmah) Kota Medan meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengusut ijazah Robi Barus (anggota DPRD Medan Fraksi PDI-P) yang mempunyai ijazah di dua sekolah swasta yang menyelesaikan pendidikan dalam satu tahun yang sama. 

Hal ini ditegaskan Ketua Umum PC Himmah Kota Medan Ilham Fauzi Munthe kepada wartawan usai menyerahkan dua dokumen foto copy ijazah dan surat keterangan dari pihak sekolah kepada Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Medan Payung Harahap di kantor Bawaslu Kota Medan Jalan Sei Bahorok, Kamis (25/07/2019).

Massa PC Himmah Kota Medan mendatangi kantor Bawaslu dengan membawa berbagai poster bertuliskan "Wakil Rakyat Bukan Wakil Pembohong" dan mendesak Bawaslu untuk menindaklanjuti dua ijazah yang dimiliki Robi yang merupakan anggota DPRD Fraksi PDIP Kota Medan 2014-2019 dan caleg terpilih tahun 2019-2024.

Menurut Fauzi, bagaimana mungkin seseorang menempuh pendidikan di dua sekolah berbeda dengan jenjang pendidikan yang sama dan tamat di tahun yang sama.

"Ini ada keganjilan salah satu ijazah yang di gunakan Robi. Kita meminta Bawaslu mengusut tuntas," tegasnya. 

Ketua Bawaslu Kota Medan Payung Harahap yang langsung menerima aspirasi massa menyatakan segera memproses ijazah yang digunakan Robi saat mendaftar ke komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan. 

"Ini sebagai bahan awal Bawaslu untuk meminta klarifikasi kepada pihak sekolah. Jika ditemukan adanya dugaan menggunakan dokumen palsu, Bawaslu tentunya memproses lebih lanjut," ungkapnya. 

Diketahui, Robi Barus (anggota DPRD Medan Fraksi PDI-P) mempunyai ijazah di dua sekolah swasta yang menyelesaikan pendidikan dalam satu tahun yang sama. 

Ijazah tersebut dari sekolah Perguruan Nasional Gultom Medan. Robi Barus menyelesaikan sekolah pada tanggal 13 Mei 1989.

Kemudian, di Sekolah Menengah Analisis Kesehatan Dharma Analitika Medan, Robi Barus menyelesaikan pendidikan sekolah pada 24 Mei 1989. (imc/hendra)
Komentar

Berita Terkini