|

DPRD Soroti Minimnya Anggaran DLH

Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung (kanan) dan Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli (kiri)

INILAHMEDAN - Medan: DPRD Medan menyoroti minimnya anggaran di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemko Medan yang hanya sebesar Rp10 miliar. Sementara anggaran untuk setiap kecamatan ada yang mencapai Rp22 miliar.

"Kita minta anggaran di Dinas Lingkungan Hidup yang kita nilai minim bisa disesuaikan," kata Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung di sela-sela pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) P-APBD 2019, Sabtu (27/07/2019).

Menurut Henry Jhon, penanganan yang ada di Dinas Lingkungan Hidup cukup penting. Itu mencakup mengenai kualitas air sungai, polusi udara, IPAL (instalasi pembuangan air limbah) di rumah sakit, puskesmas, hotel dan restoran serta hutan kota dan lainnya. Pemko juga harus fokus dengan persoalan ini," katanya.

Kata Henry Jhon, persoalan mengenai lingkungan hidup tidak terlepas dari persoalan kebersihan. Oleh sebab itu, dia menyarankan penanganan kebersihkan yang selama ini bernaung di Dinas Pertamanan sebaiknya digabungkan saja ke Dinas Lingkungan Hidup.

Di Dinas Koperasi dan UMKM, dewan juga menekankan agar Pemko Medan tidak mengurangi anggaran pelatihan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat. Dewan melihat belum ada karya Dinas Koperasi dan UMKM memajukan UMKM di Medan.

“Yang pernah ada, jadi tidak ada. Misalnya sepatu Sukaramai yang dulu terkenal sekarang sudah tidak ada. Begitu juga Pusat Industri Kecil (PIK) di Jalan Menteng Raya Medan juga sudah hilang. Kalau yang ada jadi hilang, itu kegagalan Dinas Koperasi. Dinas ini tidak bisa menjawab ketika kami tanyakan, apakah ada UMKM yang belum ada menjadi ada dibuat Dinas Koperasi? Mereka tidak bisa jawab," katanya. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini