|

Edward: Perdagangan Orang Harus Dicegah

Anggota DPRD Medan Edward Hutabarat

INILAHMEDAN - Medan: Pemko Medan dan seluruh pihak diminta untuk mencegah terjadinya perdagangan orang. Karena perdagangan orang termasuk kategori tindak kejahatan yang harus diberantas.

Hal ini dikatakan anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi PDI Perjuangan, Edward Hutabarat kepada wartawan, Minggu (14/04/2019).

Menurutnya, praktek perdagangan orang saat ini masih terjadi. “Karenanya perlu koordinasi dan kerja sama seluruh pihak dan pemerintah guna mengatasi tindak kriminal ini,” katanya.

Guna mengantisipasi terjadinya perdagangan orang, lanjut Edward, Pemko Medan perlu mengeluarkan perda yang mengatur masalah tersebut.

“Tujuan perda ini adalah untuk memberikan pencegahan terhadap korban perdagangan orang. Untuk itu pemerintah daerah, masyarakat dan keluarga wajib mencegah terjadinya tindak kejahatan ini,” sebutnya.

Selain itu, pemerintah daerah juga wajib melaksanakan penampungan dan pendampingan, penjemputan korban perdagangan orang yang berasal dari daerah, koordinasi dengan instansi lain atau pihak-pihak lain yang terkait dalam rangak proses pemulangan bagi korban perdagangan orang ke wilayah asalnya, dan lain sebagainya.

Ditambahkannya, jika seseorang mendapatkan lowongan pekerjaan di perusahaan asing di luar negeri, hendaklah terlebih dahulu dilengkapi semua adminitrasi kependudukannya, untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan ketika bekerja di luar negeri. Sebab, saat ini banyak sekali terjadi perdagangan manusia dengan modus penyaluran tenaga kerja.

“Jadi harus selektif dan jangan gampang terpengaruh dengan iming-iming, sebelum mencek atau mencari tahu profil perusahaan tersebut,” tandasnya. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini