|

Baksos Kejaksaan RI, 82 Pasien Hernia Jalani Operasi


INILAHMEDAN - Medan: Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan bersama tim medis dari Jakarta akan mengoperasi sebanyak 82 pasien hernia. Operasi ini merupakan bakti sosial (baksos) Kejaksaan RI.

"Operasi ini di antaranya 22 anak. Ada dua di antaranya yang masih bayi yakni berusia 7 bulan dan 2 bulan," kata Direktur RSUD dr Pirngadi Medan Suryadi Panjaitan, Jumat (22/03/2019). 

Suryadi menjelaskan, operasi hernia ini melibatkan 18 dokter dari RSU Pirngadi dan 3 dokter dari Jakarta dan dibantu spesialis anastesi, anak, patologi, radiologi, penyakit dalam, dan paru. 

Mengenai pembiayaan, Suryadi memaparkan, hal ini ditanggung CSR perusahaan yang dikoordinir Kejaksaan RI.

"Kita telah mempersiapkan 5 kamar operasi. Jadi, tadi kita sudah melakukan screening terhadap pasien dan pemeriksaan penunjang. Begitu juga dengan dokter anak juga turut melakukan pemeriksaan untuk operasi besok," jelasnya. 

Sementara itu, keluarga pasien yang terdaftar program baksos ini mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah khususnya keluarga besar Kejaksaan RI. 

Hal itu dikatakan Mainarti Ekatriana (36) warga Medan Area dan Ermika Sialagan (31) warga Kecamatan Onan Ganjang, Humbahas di lantai VI ruang rawat inap.

Mainarti mengatakan anak ketiganya Irza Aulia Ramadan berusia 1,8 tahun mengalami penyakit hernia pada usia 5 bulan. 

"Awal diketahui usia 5 bulan setelah adanya penonjolan di atas testis sebelah kiri," ujarnya.

Setelah mengetahui tonjolan tersebut, warga Jalan Denai, Gg Empat, Kecamatan Medan Area, ini langsung membawa berobat ke klinik dan perobatan alternatif.

"Kami diberitahu ama kepling agar mendaftarkan ke Puskesmas setempat untuk mengikuti bakti sosial operasi hernia dan tidak ada dipungut biaya," sebutnya.

Sedangkan Ermika Sialagan menyebutkan penyakit hernia anaknya Aldric Hot Gracio Lumban Gaol (3) diketahui berusia 5 bulan dilihat ukurannya berbeda dari sebelumnya.

"Tonjolannya hilang timbul hingga sekarang. Kalau lasak kelihatan tonjolannya, kalau tidak beraktifitas, tidak kelihatan tonjolon diatas testis sebelah kanan," sebutnya. (imc/fat)
Komentar

Berita Terkini