|

Dewan Pers: Puluhan Ribu Media Online, Baru 168 Lulus Verifikasi


INILAHMEDAN - Medan: Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo mengatakan jumlah perusahaan media online di Indonesia yang dinyatakan lulus verifikasi oleh Dewan Pers baru 168 perusahaan dari jumlahnya yang mencapai puluhan ribu.

"Dari 43.300 perusahaan media online, baru 168 yang terdaftar secara resmi di Dewan Pers setelah sebelumnya dinyatakan lulus verifikasi administrasi maupun faktual," kata Yosep pada seminar bertajuk Informasi Aktual 'Media Massa Vs Media Sosial' yang dilaksanakan Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu di Medan, Jumat (27/10/2017).

Media online yang lulus verifikasi faktual, kata Yosep, dinyatakan telah memenuhi sejumlah persyaratan sesuai peraturan Dewan Pers.

"Misalnya memeiliki badan hukum yang khusus bidang media, memiliki penanggung jawab, memiliki wartawan yang lulus uji kompetensi wartawan dan memiliki alamat kantor yang jelas," katanya.

Verifikasi media, kata dia, bertujuan untuk mewujudkan media yang profesional sebagaimana yang diatur dalam undang-undang pers dan peraturan Dewan Pers.

"Setiap media yang lolos verifikasi berhak difasilitasi atau dimediasi Dewan Pers jika mengalami persoalan mengenai pemberitaan dan diselesaikan dengan undang-undang pers," katanya.

Melalui verifikasi ini, sebut Yosep, Dewan Pers juga memastikan komitmen pengelola media dalam menegakkan profesionalitas dan perlindungan terhadap wartawan.

"Kita juga mendorong penguatan media pers dan positioning mdia mainstream dalam memasuki era konvergensi media," demikian Yosep. (bsk)


Komentar

Berita Terkini