|

Bupati Bangga Warga Siapkan Diri Bangun Lahan Pertanian

Bupati Eddy saat penyerahan bibit. (foto : nt)  
INILAHMEDAN - Dairi : Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Pertanian Kabupaten Dairi melaksanakan pencanangan penanaman kopi di Desa Hutarakyat, Kecamatan Sidikalang belum lama ini.

Pencanangan berlangsung dengan penyerahan Alat Mesin Pertanian (Alsintan), penyerahan bibit bawang, serta pembagian benih ikan pada para petani Kecamatan Sidikalang.

Bupati menyampaikan rasa bangga pada petani yang telah mengizinkan lahannya untuk pertanian tanaman bawang sebagai percontohan. 

Bupati menyebut, tidak salah bila petani disebut sebagai profesi penting karena apa yang dihasilkan bermanfaat bagi orang banyak.

Namun, katanya, sekarang perubahan terjadi disemua sektor termasuk pertanian mulai dari perubahan cuaca, teknologi, bahkan perang pun ikut mempengaruhi. 

" Kabupaten Dairi mengambil inisiatif meminta ke pusat untuk ditunjuk menjadi pusat pertanian terpadu. Dan inilah salah satu yang kita lakukan. Jadi saya mohon dukungan semua petani, karena kita sedang galakkan 1400 Ha lahan untuk pertanian hortikulutura, dimana 400 Ha diantaranya ada di Parbuluan," papar Bupati.

Menurutnya, pencanangan penaman klaster kopi di Kecamatan Sidikang sebagai embrio menciptakan petani tangguh dan mandiri dengan swadaya karena pemerintah sudah membentuk ekosistem agar masyarakat memperluas pertanian dimana sumber permodalan telah disediakan melalui para mitra termasuk off taker. 

" Selama ini bantuan kita adalah pupuk subsidi, tapi disemua daerah pupuk subsidi ini memang cukup sulit. Untuk itu pemerintah pusat mengalihkannya pada pemberian kredit bunga perbankan dengan bunga rendah 3 persen pertahun. PPL dan teknologi secara perlahan diemplementasikan. Itulah agri unggul melalui pertanian terpadu dan terintegrasi,” pungkasnya. (imc/nt)


Komentar

Berita Terkini