|

Korban Penganiayaan Yang Dialami Balita Usia 4 Tahun Mendapat 'Perhatian' Bupati

Balita yang digendong saat di RS Sidikalang mendapat perhatian Bupati Dairi Eddy. (foto : nt)  
INILAHMEDAN - Sidikalang : Kasus penganiayaan balita berusia 4 tahun mendapat perhatian Bupati Dairi Eddy Kelleng Ate Berutu. 

Yakni dengan mengintruksikan Dinas Perlindungan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) dan Dinas Sosial (Dinsos) untuk memberikan pendampingan dan bimbingan konseling terhadap si anak selama dirawat di RSUD Sidikalang. 

" Instruksi bupati langsung kami tindaklanjuti. Kami dari Dinsos dan P3AP2KB sudah memberikan pendampingan bimbingan konseling dan bantuan kebutuhan pokok terhadap si anak karena beberapa hari tidak didampingi oleh pihak keluarga," kata Kepala Dinas Perlindungan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Nitawati Sitohang melalui Kominfo Kabupaten Dairi pada Senin (07/02/22). 

Dikatakan, pada Sabtu 05 Februari 2022 Dinas P3AP2KB sudah berada di RSUD Sidikalang. 

Awalnya pihak P3AP2KB ditelpon oleh pihak rumah sakit bahwa ada pasien balita dicurigia mendapat kekerasan. 

" Hari Sabtu lalu kami ditelpon oleh pihak RSUD bahwa ada pasien balita yang dirujuk dari Puskesmas Tigabaru terdapat tanda-tanda kekerasan. Kemudian P3AP2KB turun lansung ke RSUD Sidikalang," sebutnya. 

Kecerugiaan pihak rumah sakit benar, bahwa si anak ada mendapat kekerasan. Kemudian pihak P3AP2KB memberikan pendampingan serta memberikan konseling terhadap si anak. 

Menurut Nitawati, kondisi si anak sempat tidak mau bicara karena disebabkan trauma. Si anak juga tampak ketakutan. 

" Untuk itu layanan kami dari Pusat Perlindungan Keluarga (Puspaga) Kelengenku memberikan pendampingan dan konseling," jelasnya. 

Selain itu, katanya, Pemkab Dairi juga punya rumah aman bagi si anak. Rumah tersebut bisa menampung si anak jika berkenan. 

Yang akan ditempatkan di rumah aman untuk sementara. " Kami ada rumah aman, si anak juga boleh di sana," tuturnya. 

Sebagaimana diberitakan, seorang balita berusia empat tahun di Desa Simartugan, Kecamatan Pegagan Hilir mengalami luka di sekujur tubuhnya dan harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Balita malang ini mengalami luka di sekujur tubuh usai dianiaya seorang wanita berinisial MS (35). Dan pelaku penganiayaan tersebut telah diringkus Satreskrim Polres Dairi. (imc/nt/am)


Komentar

Berita Terkini