-->
    |

Ringankan Pekerjaan Warga, Satgas TMMD Kodim 0204/DS Bantu Angkut Lidi Sawit


INILAHMEDAN -
Bangun Purba : Terkesan dengan kerja keras warga untuk kebutuhan sehari-hari, personel Satgas TMMD ke-111 Kodim 0204/DS membantu warga mengangkat lidi sawit untuk diangkut ke tempat penjualan, Kamis (24/06/21).

Selama pelaksanaan TMMD ke-111 Kodim 0204/DS, banyak personel Satgas yang terkesan dengan usaha warga Desa Mabar, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang untuk menambah penghasilan keluarga.

Salah satunya adalah memanfaatkan daun dari pelepah pohon sawit yang diserut menjadi lidi. Bahan yang selama ini tidak memiliki nilai ekonomis dan kerap terbuang menjadi sampah, di tangan warga ternyata memiliki nilai jual. 

Bahkan, lidi sawit ini pun menjadi salah satu sumber pendapatan potensial bagi kebanyakan warga Desa Mabar yang kebanyakan memang sebagai petani sawit.

"Sekarang hampir tidak ada yang dibuang dari pohon sawit. Selain buah, lidinya memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Sehingga banyak warga di sini yang menjadikan lidi sawit menjadi sumber matapencarian baru," ujar br Saragih, salah seorang warga yang menjual lidi hasil kerjanya ke seorang pengepul, Kamis (24/6/2021).

Upaya warga untuk menambah penghasilan itulah yang membuat personel Satgas terkesan, sehingga turun tangan membantu warga. Mulai dari proses penyerutan, pengikatan hingga pengangkutan dibantu oleh personel Satgas.

"Upaya warga ini harus kita support dan beri semangat. Ternyata di tengah kelesuan ekonomi akibat pandemi covid-19, warga masih melihat celah untuk menambah penghasilan. Ini sangat luar biasa," ujarnya. (imc/tuah)

Komentar

Berita Terkini