-->
    |

Gelar Reses II, Wong Chun Sen Apresiasi Inisiasi Warga Kelola Bank Sampah dan Dorong Bentuk KuBe



INILAHMEDAN - Medan: Anggota DPRD Medan Wong Chun Sen mengapresiasi inisiasi warga yang mengelola bank sampah di lingkungannya dalam menggalakkan program kebersihan dan kesehatan masyarakat sebagaimana yang digalakkan Pemerintah Kota Medan.

Selain menampung beragam aspirasi warga di daerah pemilihannya (Dapil III) pada Reses II Masa Sidang II TA 2021 di Jalan Suluh, Kelurahan Sidorejo Hilir, Kecamatan Medan Tembung, Minggu (21/03/2021), politisi PDIP ini juga menyarankan agar inisiasi warga tersebut dimatangkan untuk merekrut sekitar 10 anggota terkait pengelolaan bank sampah sebagai syarat dalam pembentukan Kelompok Usaha Bersama (KuBe).

"KuBe ini, bisa diusulkan ke Kementerian Sosial untuk mendapatkan bantuan dana yang perorangnya Rp1,2 juta. Program bantuan ini bisa diusulkan ke Dinas Sosial karena pos angggarannya ada di sana. KuBe ini bisa diusulkan pihak kecamatan ke Dinas Sosial dan kita akan dorong biar lekas terealisasi," katanya.

Persoalan banjir, bantuan sosial dan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU), kepala lingkungan yang kurang responsif atas keluhan warga, jalan rusak, drainase tersumbat dan persoalan lainnya juga menjadi keluhan warga pada reses yang dihadiri Camat Medan Tembung, perwakilan Dinas PU dan Dinas Kesehatan tersebut.

Salah seorang penggali kubur di Kelurahan Indra Kasih, Misno, misalnya. Dia mengeluhkan atas gelapnya areal perkuburan muslim sehingga sering digunakan untuk mengonsumsi narkoba.

"Saya minta ini menjadi perhatian serius pemerintah. Misalnya memasang lampu atau membuat pagar di areal perkuburan," kata penggali kubur ini.

Dalam reses itu, Wong Chun Sen menampung beragam aspirasi warga sebagai pokok pikiran (pikir) Fraksi PDIP DPRD Medan yang akan diusulkan ke Pemko Medan lewat pembahasan rapat paripurna dewan.

Sementara perwakilan Dinas PU Kota Medan memaparkan program kerja ke depan berupa normalisasi drainase seperti pelebaran parit dan pengorekan parit yang dipenuhi sampah sehingga aliran airnya tumpat.

"Normalisasi drainase atas sendimentasi sampah guna mengatasi banjir merupakan program 100 hari kerja Wali Kota Medan Bobby Nasution. Ini menjadi prioritas kerja Dinas PU Medan," katanya. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini