-->
    |

Apresiasi Kinerja Wali Kota, Wong: Tindak Tegas SKPD Asal Kasih Izin



INILAHMEDAN - Medan: Anggota DPRD Medan Wong Chun Sen meminta Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menindak tegas SKPD yang memberikan izin pembangunan gedung baru di depan gedung bersejarah Warenhuis di Jalan Ahmad Yani VII, Medan. Wong juga mengapresiasi Wali Kota yang membongkar gedung baru tersebut karena gedung itu merupakan gedung yang memiliki nilai sejarah (cagar budaya) yang perlu dirawat.

"Kita meminta Wali Kota menindak tegas SKPD yang asal kasih izin terkait pembangunan gedung cagar budaya di Jalan Ahmad Yani VII itu," kata Song Chun Sen di Medan, Minggu (07/03/2021).

Sebagaimana diketahui, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution berkomitmen untuk menjadi kawasan Kesawan - termasuk gedung - gedung bersejarah di Jalan Ahmad Yani VII - sebagai kawasan Heritage Kota Medan (kota tua). Hal itu dikemukakan Wali Kota beberapa waktu lalu pada rapat dengan SKPD Pemko Medan.

"Selain menjadi Kesawan sebagai kawasan Heritage Kota Medan, saya juga akan menjadikan kawasan itu menjadi destinasi wisata dengan menampilkan beragam produk UMKM dan kuliner," kata Wali Kota waktu itu.

Dengan adanya upaya pembongkaran yang dilakukan Wali Kota atas gedung baru yang mengubah bentuk asli gedung cagar budaya itu, Wong Chun Sen meyakini Kota Medan yang kini dipimpin menantu Presiden Jokowi itu akan berubah dengan mengedepankan tagline 'Kolaborasi Medan Berkah'.

"Ini saatnya Medan berubah menuju Medan Berkah," kata Wong.

Wong, yang juga Ketua Taruna Merah Putih (TMP) Kota Medan ini juga mempertanyakan proses perizinan sehingga pembangun gedung baru tersebut mulus berjalan.

"Padahal kan seharusnya SKPD tahu kalau gedung itu bagian dari cagar budaya. Namun herannya pembangunannya terus berjalan hingga rampung," katanya.

Menurut Wong, banyak pembangunan gedung yang bermasalah di Kota Medan. 

"Tapi ini kalau sudah mengubah bentuk bangunan cagar budaya, ini tidak bisa dibenarkan, apapun itu alasannya. Makanya kita sangat mengapresiasi Wali Kota yang baru beberapa hari menjabat langsung membongkar gedung itu," demikian Wong.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini