|

Bupati Karo Buka Pencanangan Vaksinasi Covid-19 di Kabanjahe



INILAHMEDAN - Karo: Bupati Karo Terkelin Brahmana meminta para petugas medis dan masyarakat untuk memanfaatkan mobil tes polymerase chain reaction (PCR) atau Mobile Combat Covid-19 yang sudah dimiliki RSUD Kabanjahe guna membantu pendeteksian masyarakat yang terpapar virus Corona.

Hal itu disampaikan Bupati Karo didampingi Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto, Kajari Karo Denny Ahmad, Wakil Ketua DPRD Karo Dapit Kristian Sitepu, Kabag Sumda Polres Karo Kompol SP Anak Ampun, Dansubdenpom I/2-1 Kapten CPM Dwi Darsono, Asisten 3 Mulianta Tarigan, Sekum GBKP Pdt Rehpelita Ginting, Ketua TP PKK Karo Ny Sariati Terkelin Brahman saat membuka  pencanangan vaksinasi Covid-19, Kamis (04/02/2021) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo, Kabanjahe. 

"Kita  patut  bersyukur atas kemampuan daerah mengadakan mobil PCR tersebut. Tentu dengan adanya kendaraan cepat ini sangat membantu dalam pemeriksaan swab dengan cara jemput bola ke masyarakat," ujarnya.

Menurut Bupati, setelah adanya Mobil PCR ini, masyarakat bisa dengan cepat memperoleh hasil swab. Tidak seperti tahun lalu, hasil swab terlebih dahulu dikirim ke Medan dan tiga minggu kemudian baru diketahui hasilnya.

"Wajar kita beri apresiasi kepada petugas  medis di Karo sebagai pahlawan garda terdepan dalam melawan Covid-19," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Kadis Kesehatan Karo drg Irna Safrina Meliala memaparkan dalam pencanangan vaksinasi  Covid-19, semuanya sesuai aturan regulasi dan petunjuk dari WHO. 

Lebih lanjut dikatakan Irna, dalam pemasangan vaksinasi untuk mencegah dan pengendalian Covid-19, meningkatkan kekebalan individu dan kelompok, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat virus corona di Karo. 

"Sasaran pertama dalam pencanangan vaksinasi Covid-19 yang diharapkan akan menargetkan  1.880 orang, dan selebihnya  1.689 orang telah diversifikasi di SISDMK," pungkasnya. (imc/is) 

Komentar

Berita Terkini