|

Jalan Ring Road Rumka Longsor, Bupati Karo Turun ke Lokasi



INILAHMEDAN - Kabanjahe: Bupati Karo Terkelin Brahmana meninjau  Jalan Ring Road Rumka (Rumah Kabanjahe) yang longsor dan amblas sedalam 12 meter, Kamis (14/01/2021).

Dalam peninjauan itu Bupati Karo didampingi Kepala Bappeda Nasib Sianturi, Kadis PUPR Eduward Pontianus Sinulingga, Kabid Bina Marga Hendra Mitcon Purba dan Kepala Desa Rumka Apul Brahmana.

Di sana Bupati sempat berbincang bersama Kades Rumka, bahwa Jalan Ring Road yang amblas ini diakibatkan faktor curah hujan yang tinggi sehingga jalan terkikis dan terjadi longsor.
    
"Kita harus tetap sigap dan menangani langsung, agar tidak memakan korban saat ada pengguna jalan yang melintas. Ini perlu perhatian bagi OPD, untuk segera menampung anggaran perbaikannya," ujar Bupati.
    
Bupati juga meminta kepada Kades Rumka agar mengingatkan warganya  berhati hati. Begitu juga  Dinas PUPR untuk segera membuat tanda atau rambu-rambu bahwa jalan ini sedang rusak.
     
Kepala PUPR Eduward Pontianus Sinulingga mengakui, informasi  amblas dan longsornya jalan tersebut didapat dari Kades Rumka dan langsung mengutus tim dari PUPR guna menghitung  biaya perbaikannya.
    
"Sesuai instruksi bapak Bupati Karo, agar jalan ini segera ditangani dan diperbaiki, tentunya  akan segera direalisasikan. Direncanakan,  Maret 2021 pengerjaan perbaikan sudah dimulai," sambungnya.
      
"Soal anggaran juga sudah kita tampung di APBD 2021 dengan harga perkiraan sementara dalam pengerjaan pemasangan bronjong atau tembok pembatas penahanan  sepanjang 15 meter dengan kedalaman lebih kurang 12 meter," ucapnya.
     
Seementara itu, Kades Rumka Apul Brahmana sangat berterimakasih kepada Bupati Karo yang begitu respon dalam menyikapi keluhan masyarakat dan diharapkan  perbaikan segera dilaksanakan sehingga warga tidak merasa resah dan takut terhadap situasi jalan.(imc/is)

Komentar

Berita Terkini