|

Kodim 0209/LB Bersama DPPKB Giat Vasektomi MOP


INILAHMEDAN
- Labuhanbatu : Kodim 0209/LB bersama Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) melaksanakan pendampingan pelayanan KB Vasektomi MOP di Puskesmas Pembantu (Pustu) di Kelurahan Sirandorung dan Kantor UPT DPPKB Kelurahan Binaraga, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, Senin (02/11/20). 

" Tujuan dalam pelaksanaan pendampingan pelayanan KB ini merupakan bentuk kepedulian dan membantu pemerintah daerah dalam rangka mengendalikan laju pertumbuhan penduduk guna meningkatkan kesehatan masyarakat dan keluarga sejahtera secara umum," ujar Pasi Teritorial Kapten Sofyan Sukri. 

Kegiatan tersebut untuk menyukseskan Program KB dari pemerintah dengan meningkatkan akses dan kualitas pelayanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi. 

Disamping itu juga merupakan tujuan pencapaian menekan angka pertumbuhan penduduk di Labuhanbatu. Kodim 0209/LB hadir melaksanakan pendampingan merupakan wujud dan peran TNI untuk menyukseskan KB Kesehatan.

" Peran TNI dengan KB kesehatan wujudkan keluarga sejahtera," sebutnya. 

Kegiatan dilaksanakan selama lima hari tersebar di Kecamatan Rantau Utara, Rantau Selatan, Bilah Hulu, Pangkatan dan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu.

Kabid KB Dinas DP2KB Nurhetti L Tobing, pelayanan KB Vasektomi MOP itu untuk para pria/suami. 

" Merupakan operasi kecil yang dilakukan untuk mencegah transportasi sperma pada testis dan penis serta vasektomi merupakan prosedur yang sangat efektif untuk mencegah terjadinya kehamilan karena bersifat permanen," ungkapnya. 

Diharapkan dengan bertambahnya aseptor pengguna KB Vasektomi di Kabupaten Labuhanbatu dapat menekan pertumbuhan jumlah angka kelahiran. 

Hadir dalam pendampingan kegiatan antara lain, Kadis DPPKB Kabupaten Labuhanbatu Hj Lidiyawati Harahap, Camat Rantau Utara Turing Ritonga, Kabid Dalduk Sopyah Siregar, Kapuskesmas Rantuprapat Yulidawati, Ketua TPPKB Retno Fitriyus. 

Petugas Operasi dari RSUD Rantauprapat, Ketua IBI Hj Ernawati Kamal, Lurah Sirandorung Kamisdan Ritonga, staf Dinas DPPKB Labuhanbatu. 

Babinsa Koramil 08/Rantauprapat, pegawai Puskesmas Pembantu Sirandorung, petugas Faskes KB dan petugas fasilator dari Dinas DPPKB Sarifuddin Nasution serta para peserta Akseptor KB MOP.  (imc/joy)  




Komentar

Berita Terkini