|

Disiplin Prokes di Medan Meningkat



INILAHMEDAN - Medan: Sejumlah kecamatan di Kota Medan masih memiliki angka penyebaran virus Covid-19 yang cukup tinggi. Salah satunya Kecamatan Medan Johor.

Camat Medan Johor, Zul Fahri Ahmadi, mengatakan, kecamatan yang dipimpinnya saat ini menduduki peringkat ke 3 tertinggi penyebaran Covid-19 di Kota Medan setelah Medan Selayang dan Helvetia.

"Untuk angka positif tertinggi di Kecamatan Medan Johor berada di Kelurahan Gedung Johor," ungkapnya di kantor Satgas Covid-19 Kota Medan Jalan Rotan, Medan Prtisah, Rabu (18/11/2020).

Dijelaskan Zul, hingga minggu ke-2 bulan November, jumlah pasien yang terkonfirmasi positif sebanyak 537 orang, sembuh 440 orang, meninggal 58 dan 130 orang lainnya masih dalam perawatan.

Zul juga mengatakan, meski angka positif masih tinggi namun dalam sebulan terakhir terjadi angka penurunan jumlah pasien yang meninggal.

"Kalau sebulan ini hanya 3 orang yang meninggal, padahal sebelumnya hampir setiap hari kami terima laporan adanya korban meninggal," ungkapnya.

Penurunan jumlah pasien ini juga terjadi, tambah Zul, karena terus diberlakukannya protokol kesehatan di wilayah Medan Johor.

Menurutnya, sosialisasi yang gencar dilakukan di lokasi-lokasi keramaian seperti kafe dan swalayan menjadi salah satu dampak mulai menurunnya jumlah penyebaran virus ini.

"Kita juga mengapresiasi warga yang sudah mulai sadar dalam menerapakan protokol kesehatan," ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa sejak tanggal 16 November kemarin, pihak kecamatan, BNPB Provinsi derta pihak terkait lainnya telah membentuk Relawan Satgas sebanyak 100 orang.

"Relawan satgas ini setiap harinya memberikan edukasi dan peringatan tentang protokol kesehatan kepada warga dan pelaku usaha," jelasnya.

Terkait target kecamatan untuk terus menekan angka penyebaran Covid-19, Zul mengakui tak bisa memastikannya secara rinci. Namun ia berharap dalam waktu dekat Kecamatan Medan Johor akan segera berubah menjadi zona oranye.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini