|

Rekor Tertinggi, 18 Pasien Covid-19 di Sumut Sembuh

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut Whiko Irwan

INILAHMEDAN - Medan: Kabar gembira. Jumlah pasien Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) yang sembuh terus bertambah. Hari ini pasien sembuh bertambah sebanyak 18 orang sehingga total kesembuhan berjumlah 291 orang.

Hal tersebut disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut Edy Rahmayadi melalui Juru Bicara GTPP Covid-19 Sumut Whiko Irwan dalam keterangan pers di Kantor Gubernur Sumut, Kamis (25/06/2020).

"Hampir setiap hari ada saudara-saudara kita yang sembuh. Alhamdulillah, hari ini 18 orang penderita Covid-19 di Sumut yang dirawat di rumah sakit rujukan sembuh. Jumlah ini merupakan rekor tertinggi penambahan jumlah pasien sembuh," ujar Whiko.

Whiko menjelaskan, penderita dinyatakan sembuh bila sudah tidak ada gejala klinis dan hasil pemeriksaan swab PCR ulang sebanyak 2 kali berturut-turut didapatkan hasil negatif. Harapannya dalam beberapa hari ke depan, penderita Covid-19 yang sembuh di Sumut akan semakin meningkat.

“Sedangkan bagi kita yang belum terpapar perlu menerapkan protokol kesehatan. Apalagi saat ini vaksin belum diproduksi secara massal," kata Whiko.

Whiko menjelaskan cara memutus rantai penularan Covid-19 dapat dilakukan dengan melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari. Seperti menggunakan masker pelindung hidung dan mulut, jaga jarak 1-2 meter, cuci tangan dengan sabun dan air serta hindari kerumunan.

"Sekali saja kita terindikasi Covid-19, maka kita wajib untuk melakukan isolasi diri, baik mandiri, di balai karantina ataupun di rumah sakit," terangnya.

Whiko menjabarkan orang-orang yang melaksanakan isolasi antara lain penderita Covid-19 terkonfirmasi dari hasil swab PCR, orang dengan gejala klinis Covid-19 baik ringan maupun berat (ODP, PDP), orang yang berkontak erat dengan penderita Covid-19 terkonfirmasi dan terakhir adalah orang dengan hasil Rapid Test Reaktif.

Terkait perkembangan kasus Covid-19 di Sumut, hingga 26 Juni 2020 pukul 17.00 WIB, disebutkan pasien sembuh bertambah 18 menjadi 291 orang, pasien meninggal bertambah 3 menjadi 83 orang, kasus positif bertambah 69 menjadi 1.356 orang, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 191 orang. Dari jumlah pasien yang sembut tersebut, 8 orang di antaranya adalah yang dirawat di RS Marta Friska, selebihnya dari RS GL Tobing dan RS rujukan lainnya.(imc/bsk)



Komentar

Berita Terkini