|

TMMD Gelar Penyuluhan Kependudukan di Marjanji, Akte Kelahiran Anak Penting


INILAHMEDAN - Sipispis : Tim Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 TA 2019 Kodim 0204/DS, Jumat malam (25/10/2019) menggelar penyuluhan tentang pelayanan publik dan kependudukan di Balai Desa Marjanji, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Sergai, Provinsi Sumut.

Tim Satgas menggandeng Disdukcapil Kabupaten Sergai sebagai instansi teknis yang paling memahami seputar kependudukan di daerah tersebut.

Andi Suprianto SPd sebagai narasumber antara lain menyebutkan, bicara kependudukan tidak hanya bicara tentang jumlah, struktur umur, pertumbuhan, persebaran mobilitas dan penyebaran saja, namun juga mencakup, kualitas, kondisi kesejahteraan dan juga politik, ekonomi, sosial, budaya, agama, serta lingkungan.

Dalam konteks tersebut, peranan pendidikan Kependudukan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan kependudukan menjadi sangat penting dan strategis.

Dengan mengetahui kondisi kependudukan, kaum muda dapat mempersiapkan hidup lebih baik, dapat memberi makna hidup dalam mengelola keluarga, masyarakat, lingkungan dan dunia. Kaum muda dapat berperan untuk membuat dunia yang lebih baik dari generasi sebelumnya, bukan menjadi lebih buruk.

Andi juga mengimbau kalangan orangtua harus proaktif mengurus Akte Kelahiran anak-anaknya. Sebab ketika buah hati mereka nanti akan bersekolah, akte kelahiran si anak diperlukan. Demikian pula untuk mengurus kelengkapan data kependudukan lainnya seperti KTP dan Kartu Keluarga (KK).

Dalam kesempatan tersebut anggota tim Satgas TMMD ke-106 TA 2019 Kodim 0204/DS Serma Muhasmuni mengatakan, program seputar kependudukan tersebut merupakan bagian dari progeam sasaran nonfisik TMMD.

Muhasmuni yang juga personel Koramil 15/ SPP berharap agar warga masyarakat yang mengikuti penyuluhan tersebut ke depan lebih oedulibuntuk melengkapi dokumen-dokumen kependudukan keluarga masing-masing.

Turut hadir dalam penyuluhan tersebut PlH Kades Marjanji Fajar Siddik Saragih, tokoh agama Ali Usman, tokoh masyarakat Subari, para perangkat Desa Marjanji yakni Kadus 2,3 dan Kadus 4 serta sekira 35 warga. (red)
Komentar

Berita Terkini