|

Lindungi Anak dari Narkoba, Peran Orang Tua Sangat Penting


INILAHMEDAN - Sipispis : Peran orang tua untuk mengawasi secara ketat kehidupan dan pergaulan anaknya menjadi sangat penting, sehingga anak-anak sebagai generasi penerus bangsa bisa selamat dari kejahatan narkotika.

Demikian salah satu poin penting dari penyuluhan narkotika yang digelar Satgas TMMD 106 Kodim 0204/DS bersama BNNK Sergai di Kantor Desa Sipispis, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Sergai, Senin (14/10/2019) malam.

Kegiatan menghadirkan pembicara dari Kasi P2M BNNK Sergai, T Ewa Simamora didampingi Staf BNNK Sergai, Ramli Siagian dan Eka Sinulingga.

Dalam paparannya, T Ewa Simamora menjelaskan, narkotika adalah zat berbahaya bagi tubuh.

“Saking berbahayanya narkotika bisa menyebabkan berkurangnya daya ingat, berbicara suka ngawur, dan bahkan tak jarang bicara sendiri,” terangnya.

Narkotika juga menyebabkan pemakainya kehilangan rasa empati, atau menjadi orang yang tidak peduli.

“Pemakai narkotika akan menghabiskan apa yang dimilikinya, kemudian meningkat kepada milik orang lain dengan cara mencuri, memeras, menodong, merampok, bahkan membunuh guna mendapatkan uang untuk membeli narkoba,” papar T Ewa Simamora.

Karena itu, lanjutnya, narkotika harus dijauhi. Selain tidak baik bagi kesehatan, narkotika juga bisa menyebabkan terganggunya Kamtibmas dan kondusifitas wilayah.

“Untuk mengantisipasi penyebaran narkotika di wilayah kita, maka harus dimulai dari keluarga. Yakni para orang tua harus mengawasi kehidupan dan pergaulan anak-anak secara ketat, sehingga mereka yang merupakan generasi penerus bangsa tidak sampai terjebak dalam pergaulan bebas,” papar T Ewa Simamora. 

Hadir dalam kegiatan ini, antara lain Staf Sterdim 0204/DS, Serma Suhartono, Pj Kades Sipispis, Erwin Saragih, Kaur Pemdes Sipispis, Zulhadir Sinaga, seluruh Kadus Desa Sipispis, dan para tokoh Desa Sipispis. (bsk/imc)
Komentar

Berita Terkini