|

Anggota Provost Selamatkan Lumba-Lumba Terdampar


INILAHMEDAN - Tulungagung: Anggota Provost Kodim 0807/Tulungagung Serda Muhtar menyelamatkan seekor lumba-lumba yang terdampar di Pantai Klatak, Minggu (02/09/2019).

Upaya penyelamatan itu disampaikan Dandim Letkol Wildan Bahtiar, Senin (02/09/2019). 

"Anggota kami Serda Muhtar melakukan penyelamatan ikan lumba-lumba yang terdampar di Pantai Klatak," ungkap Dandim. 

Selaku komandan satuan sangat mengapresiasi tindakan yang dilakukan Serda Muhtar yang dengan sigap menyelamatkan ikan lumba-lumba yang tengah terdampar. 

Hal tersebut mencerminkan tingginya rasa kepedulian seorang prajurit terhadap lingkungan terutama terhadap makhluk hidup seperti ikan lumba-lumba. 

"Saya mengapresiasi tindakan yang dilakukan Serda Muhtar yang mencerminkan dedikasinya dalam penyelamatan lingkungan," terangnya. 

Sementara Serda Muhtar menuturkan, kegiatan spontan tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WIB di Pantai Klatak wilayah Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. 

Ia bersama keluarga sedang menikmati liburan di Pantai Klatak usai melaksanakan pengamanan kegiatan Sedekah Bumi di Pantai Gemah tak jauh dari Pantai Klatak.

"Saya datang di Pantai Klatak, lihat pantai agak surut, saya duduk-duduk di batu karang. Kemudian ada ombak datang dan saya terkejut ada ikan besar di depan saya. Saya dekati ternyata ikan lumba-lumba," ungkap Serda Muhtar.

Saat proses pengembalian ikan lumba-lumba dilakukan tiga kali. Di kedua kalinya ikan kembali lagi ke tepi pantai. Baru pada yang ketiga, ikan lumba-lumba tersebut ke habitatnya di laut lepas. 

"Saya masih pakaian dinas berusaha memasukkan ke dalam laut sampai tiga kali baru bisa selamat, ya mungkin kurang dalam. Akhirnya sampai pada kedalaman di atas pinggang ikan itu bisa masuk ke laut," paparnya. 

Dalam penyelamatan itu dirinya juga dibantu warga mengangkat ikan hingga mampu kembali ke laut. 

"Kalau berat sepertinya lebih dari 50 kilogram, karena waktu saya angkat langsung jatuh. Karena melihat dua kali saya menolong, warga melihat ikut membantu mengangkat," tukasnya. (rel/zoy) 

Komentar

Berita Terkini