|

Seluruh Paguyuban di Papua Tolak Rasisme


INILAHMEDAN - Jayapura: Seluruh Paguyuban yang ada di Papua dan tokoh pemuda melangsungkan pertemuan di kediaman H Mannang, Jalan Baru Pasar Youtefa, Kelurahan Wai Mhorock Distrik Abepura, Kota Jayapura, Kamis (22/08/2019). Pada pertemuan itu secara bersama menyatakan menolak rasisme.

Tahyudin Muntu mengatakan keluarga besar KKSS dan masyarakat nusantara mendapat perlakuan baik selama di Papua, maka masyarakat Indonesia lainnya juga harus menghargai mereka yang di luar Papua.  

"Tolong lindungi dan tolong jaga saudara-saudara kami orang Papua seperti kami dilindungi dan dijaga di Papua," ungkapnya. 

Menyikapi isu saat ini,  Ketua paguyuban Keluarga besar Batak dan Makasar di Papua mengutuk keras rasis yang dilakukan sekelompok orang di Surabaya. 

"Kami  berinisiatif nantinya akan mengundang seluruh paguyuban yang ada di Papua untuk mengadakan parade budaya dan menyatakan sikap menolak rasisme di tanah Papua dan Indonesia. Dan akan diserahkan pernyataan kami kepada Gubernur Papua," ucapnya.  

"Ketua kerukunan Jawa-Madura Papua H Sarminanto mengatakan kalau saudara kami dizolimi itu juga buat kami sakit hati. Kami mengutuk keras perilaku-perilaku saudara kami di Jawa Timur," tegasnya. 

Dalam pertemuan tersebut,  Ketua DPD KNPI Albertho G Wanimbo menyatakan bahwa semua orang berharap kedamaian di tanah Papua dan di seluruh Indonesia. 

"Orang Papua tidak membenci kepada saudara-saudara kami. Kami mendambakan hidup rukun berdampingan di tanah Papua,  mari sama-sama kita tolak rasisme di Indonesia," pungkasnya. (rel/zoy)

Komentar

Berita Terkini