|

Program 'Bersih-bersih Pasar', Kepala Pasar Kwala Bekala Libatkan Pedagang

Jajaran Pasar Kwala Bekala terlihat melakukan pengecatan tembok usai membersihkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) pada program 'Bersih-bersih Pasar' yang dicanangkan PD Pasar Kota Medan, Sabtu (10/08/2019). (foto: ist)

INILAHMEDAN - Medan: Kepala Pasar Kwala Bekala Prananta Ginting beserta anggotanya gencar melaksanakan program 'Bersih-bersih Pasar' yang dicanangkan PD Pasar Kota Medan. Kegiatan ini juga melibatkan sejumlah pedagang di pasar itu.

"Program ini (Bersih-bersih Pasar) sudah hari keempat kita laksanakan, yang kita mulai sejak hari Rabu kemarin," kata Suranta Ginting ketika ditemui www.inilahmedan.com di sela-sela kesibukannya, Sabtu (10/08/2019).
Jajaran Pasar Kwala Bekala membersihkan kamar mandi dalam program 'Bersih-bersih Pasar'. (foto: ist)

Menurut Prananta, mereka memokuskan kegiatan 'Bersih-bersih Pasar' berupa pengecatan kantor Pasar Kwala Bekala agar terlihat rapi dan bersih. Kemudian membersihkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dan menjaga kebersihan kamar mandi sebagai fasilitas untuk pedagang dan pembeli.

Dalam kegiatan ini, kata dia, pihaknya juga berkoordinasi dengan aparatur kelurahan setempat yang diwakili Ganepo Sinuhaji selaku kepala lingkungan.
Jajaran Pasar Kwala Bekala sedang membersihkan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). (foto: ist)

"Respon masyarakat dan para pedagang cukup antusias pada kegiatan ini. Khusus pedagang, Kita sengaja melibatkan mereka dalam kegiatan gotong-royong ini tujuannya untuk menumbuhkan sikap kepedulian dan rasa memiliki akan pasar tempat mereka berjualan demi menopang perekonomian rumah tangga," katanya seraya menambahkan ada sekitar 300-an pedagang yang berjualan di Pasar Kwala Bekala.

Sebelumnya, Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya menekankan kepada kepala pasar-kepala pasar di bawah naungan PD Pasar Kota Medan senantiasa menumbuhkan sikap kepedulian akan pasar yang dipimpinnya.
Jajaran petugas Pasar Kwala Bekala sedang melakukan pengecatan kantor Pasar Kwala Bekala. (foto: imc)

"Sesuai motto kita, "Pasar Adalah Rumah Pedagang dan Milik Kita Bersama". Jadi, sikap memiliki akan pasar perlu ditumbuhkembangkan. Dengan begitu, masyarakat yang datang berbelanja ke pasar merasa nyaman. Keuntungannya bagi pedagang tentu saja menaikkan omset penjualan. Jadi, pasar perlu kita jaga bersama," katanya.

Menurut Rusdi, program 'Bersih-bersih Pasar' ini dilaksanakan setiap tahun. Program ini juga diperlombakan sekaitan dengan menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini