|

Wabup Muba Kunker ke Sergai Gali Pengelolaan Gula Kelapa Sawit


INILAHMEDAN - Serdangbedagai: Wakil Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pemkab Serdangbedagai (Sergai) untuk mempelajari pengelolaan gula kelapa sawit. 

Beni Hernedi dan rombongan diterima Sekda Sergai Hadi Winarno, para asisten dan staf ahli bupati besertab kepala OPD dan organisasi petani kelapa sawit di aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (24/07/2019).

Menurut Sekda, kunjungan kerja Wabup Muba beserta rombongan merupakan suatu kehormatan bagi Kabupaten Sergai. “Kami juga mengetahui reputasi Wabup Muba Beni Hernedi yang sangat concern terhadap dunia pertanian dan aktif dalam organisasi pertanian," kata Sekda.

Sekda pada pertemuan itu memperkenalkan secara singkat profil Kabupaten Sergai terutama aspek komoditas perkebunan kelapa sawit. Sergai juga berlokasi strategis karena tidak terlalu jauh dari pusat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan dekat dengan salah satu destinasi wisata utama Sumut yakni Parapat (Danau Toba).

Sementara Wabup Muba Beni Hernedi mengatakan ini adalah kunjungan perdananya ke Sergai. Dalam kunjungannya, Beni membawa 37 orang yang terdiri dari jajaran Dinas Perkebunan, camat dan pimpinan organisasi perkebunan kelapa sawit.

Beni menyebut ada beberapa kesamaan antara Sergai dan Muba terutama sebagai kabupaten yang sama-sama menjadikan perkebunan kelapa sawit sebagai salah satu komoditas utama.

"200 ribu lebih penduduk Muba hidup dari perkebunan kelapa sawit dan karet," katanya.

Kesamaan inilah, kata Benbi, menjadi alasan utama datang ke Sergai untuk mengetahui inovasi unik di Sergai di bidang produksi brown sugar (gula merah) dari kelapa sawit.

"Ini layak dipelajari sebagai peluang industri yang menjanjikan," katanya. (imc/yuka)

Komentar

Berita Terkini