|

Gubernur Sumut Tinjau Layanan Mudik di Bandara Kualanamu


INILAHMEDAN - Deliserdang: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meninjau fasilitas dan kesiapan layanan mudik Idul Fitri 1440 H di Bandara Internasional Kualanamu, Sabtu (01/06/2019). Menurut Gubernur kualitas layanan mudik perlu ditingkatkan lagi.

Gubernur yang datang bersama Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman dan Asisten Pemerintahan Pemprov Sumut Jumsadi Damanik langsung meninjau posko kesehatan, keamanan seperti monitoring sekitar lokasi bandara, sumber informasi bagi pemudik dan melihat situasi area chek-in.

Dari pengamatan Gubernur, fasilitas Bandara Internasional Kualanamu untuk kualitas layanan bagi para pemudik masih perlu ditingkatkan lagi. “Belum (memadai),” kata Gubernur.

Menurut Gubernur, hal ini merupakan masalah yang komprehensif karena fasilitas ini juga tergantung dengan pendapatan bandara itu sendiri.

“Fasilitas ini tergantung dengan pendapatan bandara itu sendiri, airport tax. Butuh biaya besar untuk merawat bandara ini. Karena itu dengan penurunan penumpang 30 persen mereka tentu rugi. Bandara ini kalau turun 30 persen, setengah mati mereka memelihara bandara ini,” tambahnya.

Namun dari sisi keberadaan fasilitas layanan pemudik yang ada di Bandara Internasional Kualanamu,  menurut Edy Rahyamadi, sudah mencukupi seperti fasilitas kesehatan, keamanan dan informasi untuk pemudik.

“Walau begitu untuk fasilitas bagi pemudik sudah cukup, di depan tadi ada posko kesehatan, personel keamanan juga bertambah dan informasi juga cukup. Di depan pintu kedatangan tadi pihak bandara menyediakan informasi soal harga tiket yang saat ini sedang menjadi polemik,” ujarnya.

Gubernur juga menyoroti tentang mahalnya harga tiket pesawat akhir-akhir ini. Gubernur berharap persoalan mahalnya harga tiket dapat segera diselesaikan. (imc/bsk)


Komentar

Berita Terkini