|

Dipergoki Warga, OTK Gagal Bakar Masjid Ar-Rahmah Binjai

Salah seorang warga sedang membersihkan ambal dan sajadah masjid yang gosong lantaran dibakar orang tak dikenal, Minggu (02/06/2019) pagi. (foto: ist)

INILAHMEDAN - Binjai: Orang tak dikenal (OTK) berencana membakar Masjid Ar-Rahmah di Jalan Kakap, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatera Utara, Ahad pagi (02/06/2019).  

Api sempat menghanguskan ambal masjid namun lekas dipadamkan warga sehingga tidak sempat meluas.

Informasi diperoleh, upaya pembakaran masjid yang akan dilakukan OTK pertama kali diketahui Edi Suryanto (45) warga Jalan Ikan Senangin, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Binjai Timur. Pagi itu sekitar pukul 06.45 WIB, Edy hendak mencari makanan ikan di parit samping Masjid Ar-Rahmah.

"Tiba-tiba saya melihat seorang pria lompat dari pagar samping masjid. Saya sempat menegurnya tapi dia langsung kabur," kata Edi sebagaimana yang tertera dalam laporan kepolisian.

Edi sempat mengejar, namun pria itu keburu menghilang. Edi pun kembali ke rumahnya. Setiba di rumah, Edi dimintau tolong dari warga lainnya, Didit (29), warga Samanhudi, Kelurahan Rambung Dalam, Binjai Selatan, untuk memadamkan asap dari dalam masjid. Bersama Budi Sasmito(45), warga lainnya, mereka memadamkan api yang melahap ambal dan sajadah masjid. Api akhirnya dapat dipadamkan sekitar pukul 07.10 WIB. Kasus pembakaran masjid akhirnya meluas sehingga warga di daerah itu berbondong-bondong ke lokasi.

Tampak di lokasi Kapolsek Binjai Timur AKP Sahala Harahap, Danramil 17/BT Kapt Arh HE Sihombing, Kanit Jatanras Polres Binjai Ipda Rodiatur Purba, Kanit Reskrim Polsek Binjai Timur Ipda M Ketaren dan Kanit 1 Intelkam Aiptu Hariyadi. Kerugian ditaksir Rp1,8 juta. (imc/ndra)

Komentar

Berita Terkini