|

Bupati Sergai Tinjau IPLT di TPA Batang Terap


INILAHMEDAN - Serdangbedagai: Bupati Serdangbedagai (Sergai) Soekirman meninjau pembangunan Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Batang Terap, Kecamatan Perbaungan, Sergai, Kamis (27/06/2019).

Pada peninjauan itu, Soekirman mengatakan keberadaan IPLT dinilai penting karena lumpur tinja tidak boleh langsung dibuang ke air karena mengandung pencemar organik yang tinggi.

“Merupakan kebanggaan bagi Sergai berdirinya IPLT Batang Tera,” katanya.

Pembangunan IPLT dilaksanakan Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Provinsi Sumatera Utara pada Kementerian Pekerjaan Umum.

Dalam kesempatan itu Soekirman meminta agar instansi terkait harus mengamalkan 3T yakni tertib administrasi, tertib program pelayanan dan tertib pertanggungjawaban. 

Untuk tertib administrasi, terang Soekirman, dinas terkait hendaknya melakukan pengecekan dengan benar proyek (IPLT) yang baru diserahterimakan ini. Untuk tertib program pelayanan yakni dinas terkait harus menetapkan berapa banyak tinja yang dapat diproses perharinya.

"Kemudian tertib pertanggungjawaban yakni dalam proses perjalanan sebuah program haruslah ada pengawasan dengan baik. Sekarang masyarakat Sergai tidak lagi meminjam/memanggil jasa dari luar jika hendak menyedot tinja di septi tank rumah atau perusahaan, karena Pemkab Sergai telah menyediakannya," katanya. (imc/yuka)

Komentar

Berita Terkini