|

Gubernur Edy Imbau Masyarakat Jangan Buang Sampah ke Sungai


INILAHMEDAN - Medan: Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution dan rombongan menyusuri Sungai Babura, Sabtu (20/04/2019). 

Kegiatan menyusuri sungai yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut dan Badan Wilayah Sungai (BWS) tersebut dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana yang jatuh pada 26 April.

Pada kesempatan itu, Gubernur Edy mengimbau masyarakat agar tidak lagi membuang sampah ke sungai agar air sungai tidak tercemar serta terjaga kelestarian lingkungannya. 

"Karena sampah itu yang membuat sungai tercemar, sungai rusak, dan pada akhirnya sungai yang seharusnya menjadi simbol kesejahteraan makhluk hidup yang ada di dunia ini menjadi bencana karena ulah manusia sendiri," kata Gubernur.

Gubernur juga meminta kepada pihak terkait untuk melakukan pembersihan sampah di sepanjang aliran sungai mulai minggu depan. Sehingga sungai kembali bersih dan bebas sampah. 

“Mulai minggu depan ini harus dibersihkan,” ujarnya.

Sebelum acara Susur Sungai dimulai, Gubernur sempat memberikan pengarahan. Dikatakannya, bahwa kegiatan Susur Sungai tersebut penting untuk mengevaluasi keadaan sungai yang ada di Kota Medan.

"Kita bukan bertamasya, hari ini kita mengevaluasi keadaan sungai yang ada di Kota Medan. Kalau bisa kegiatan seperti ini setiap bulan kita lakukan. Kalau sungai kita terus terusan dibiarkan keadaanya seperti ini, bisa jadi puluhan tahun ke depan anak cucu kita bakal memiliki paru-paru yang tidak baik. Jadi hentikan membuang sampah ke sungai," ujar Gubernur.

Kegiatan Susur Sungai dimulai dari kawasan Kantor Lurah Beringin, Jalan Pasar Mati Padang Bulan hingga ke Taman Beringin atau Taman Sudirman (depan Rumah Dinas Gubernur), dengan jarak tempuh sekira 3 Km.

Sepanjang perjalanan menyusuri sungai, Gubernur yang turut mendayung perahu karetnya, sesekali  menggelengkan kepala melihat banyaknya sampah yang tersangkut di batang bambu dan pepohonan di sekitar sungai. 

"Sampah itu yang difoto jangan saya, biar tahu masyarakat inilah sampah yang mereka buang sembarangan," ujar Gubernur.

Sementara itu Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis mengatakan untuk tahap awal pemerintah akan melakukan pembersihan sehingga jalannya air bisa lancar dan tidak ada sampah yang menghambat. (imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini