|

DPRD Berharap Peringatan May Day Kondusif

Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli

INILAHMEDAN - Medan: DPRD Medan mengimbau seluruh tenaga kerja yang akan memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada  1 Mei 2019 berlangsung aman dan kondusif.

“Kita mau acara peringatan hari buruh jangan sampai tercoreng oleh tindakan anarkis yang dapat merugikan banyak pihak,” kata Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Ramli kepada wartawan di gedung dewan, Senin (29/04/2019).

Menurutnya, peringatan Hari Buruh kali ini jangan hanya mengangkat masalah kenaikan upah, melainkan juga bagaimana kesejahteraan dan keselamatan buruh selama bekerja terjamin dalam lindungan UU Ketenagakerjaan.

“Namun dalam penyampaiannya harus sesuai aturan yang berlaku tidak perlu harus berunjuk rasa, cukup perwakilan saja,” ujarnya.

Menurut Nanda seiring era persaingan yang semakin ketat, persoalan buruh dinilai mulai bergeser dari sebatas persoalan upah menjadi soal peningkatan kualitas dan produktvitias buruh di Indonesia.

“Nah ada tiga isu ketenagakerjaan di Indonesia yang harus diperhatikan secara serius oleh pemerintah, dunia usaha, para pekerja dan masyarakat umum. Ketiga isu tersebut berkaitan erat dengan upaya perbaikan kualitas sumber daya manusia,” ujarnya.

Dalam rangka meningkatkan daya saing, diperlukan suatu ekosistem ketenagakerjaan yang lebih fleksibel. “Tujuannya supaya tenaga kerja bisa lebih responsif terhadap perubahan-perubahan yang terjadi saat ini, terutama perubahan akibat adanya perkembangan informasi dan digitalisasi,” katanya.

Isu kedua, bagaimana cara untuk mendorong investasi di bidang sumber daya manusia. Dituturkannya, pemerintah, dunia usaha, hingga serikat pekerja perlu memiliki satu visi yang selaras untuk memacu peningkatan kuantitas dan kualitas tenaga kerja.

Tak hanya sampai disitu, penyebaran dan pemerataan kualitas tenaga kerja antara di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa mesti dipacu agar investasi yang masuk juga tidak terpusat atau Jawa sentris. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini