|

Festival Seni dan Budaya Sumut Pikat Hati Generasi Milenial


INILAHMEDAN - Medan: Festival Seni dan Budaya yang diselenggarakan Dewan Kesenian Sumatera Utara (DKSU) di Taman Budaya Sumatera Utara memikat hati para generasi milenial. Festival berlangsung dari tanggal 19 sampai 24 Maret 2019.

Ketua Panitia Jimmy Sihahan mengatakan festival ini menjadi sejarah bagi DKSU yang berkiprah dalam memajukan seni dan budaya. Kegiatan kali ini dikemas dari 9 komite dalam bentuk kreasi seni seniman Sumut dan ada berbagai perlombaan serta workshop. 

Ada 5 perlombaan seperti tari kreasi, vokal, akting, film pendek, puisi dan sketsa di mana kegiatan ini banyak dari kalangan pelajar di Sumut.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman panitia yang bekerja keras dalam terselenggaranya kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan tonggak dari kebangkitan seni dan budaya yang selama terabaikan oleh kita semua. Semoga kegiatan ini nanti mampu menjadikan agenda rutin dan sebagai wadah para pecinta seni yang ada di Sumut," papar Jimmy Sihahan.

Sementara Ketua DKSU Baharuddin Saputra mengatakan Festival Seni Budaya Sumut yang didukung penuh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi ini menampilkan berbagai kegiatan seni dan budaya yang ada di Sumut.

Menurutnya, tanpa dukungan Gubsu sebagai Ketua Dewan Pembina DKSU tentunya Festival Seni Budaya Sumut 2019 tidak mungkin berjalan sesuai yang diharapkan dalam mendorong kemajuan seni, budaya dan pariwisata Sumut.

“Sesuai harapan Gubernur Edy Rahmayadi, festival ini mendukung kemajuan pariwisata dan seni budaya yang menjadi salah satu visi dan misi ‘Sumut Bermartabat’ dalam kaitannya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumut,” katanya.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi diwakili Kadisbudpar Sumut Wan Hidayati mengatakan atas nama Pemprovsu menyambut baik atas terselenggaranya festival seni dan budaya ini dan mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh penggiat seni di Sumut yang telah ikut serta pada festival ini.

Dia menjelaskan melalui kegiatan ini diharapkan akan menghasilkan hal-hal yang positif yakni meningkatkan partisipasi dan apresiasi masyarakat pada umumnya dan khususnya generasi muda dalam menumbuhkan rasa kecintaan terhadap seni dan budaya dalam menata kehidupan masyarakat baik aspek sosial, ekonomi, politik maupun bidang lainnya.

"Saya berharap Festival Seni Budaya Sumut ini menjadi agenda rutin tahunan bagi Dewan Kesenian Sumut dan terjadwal setiap tahunnya yang nantinya dapat diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara," demikian Hidayati. (imc/rel)
Komentar

Berita Terkini