|

BBPOM Medan Amankan Ribuan Produk Ilegal Asal Malaysia


INILAGMEDAN - Medan: Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Medan mengamankan ribuan produk makanan dan minuman ilegal yang berasal dari Malaysia dan Thailand di lima gudang di Jalan Muara Takus, Kelurahan Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia, Jumat (22/03/2019).

Kepala BBPOM Medan, Yulius Sacramento Tarigan mengatakan operasi tersebut dilakukan setelah pihaknya menerima informasi adanya produk makanan dan minuman ilegal yang berasal dari luar negeri beredar di Medan.

"Setelah adanya informasi tersebut, petugas BBPOM yang dibackup pihak Polda Sumut melakukan sidak bersama. Setelah kita mengetahui titik tempat barang-barang tersebut di simpan, tim langsung menjumpai di lima gudang yang berada di Jalan Muara Takus," katanya.

Sacramento menjelaskan produk-produk makanan dan minuman ilegal tersebut terdiri dari susu bubuk, tepung-tepung, minuman botol dan produk makanan lainnya.

"Dari lima gudang yang kita periksa, produk makanan itu lebih mendominasi adalah susu Milo dari Malaysia, saous tiram dan tepung-tepung yang berasal dari Thailand dan petugas mengamankan barang-barang itu menggunakan 2 L300 sama 1 coltdisel," jelasnya.

Sacramento mengungkapkan penemuan produk-produk ilegal tersebut akan terus dikembangkan petugas untuk mengetahui sumber yang memasok produk ilegal itu.

"Beberapa barang ilegal dan pelakunya akan kami kembangkan dan petugas akan investigasi untuk melakukan tindakan sesuai aturan," ungkapnya.

Sacramento menambahkan ribuan produk-produk makanan dan minuman ilegal yang sisita itu merugikan negara ratusan juta rupiah.

"Jadi, akibat peredaran produk ilegal itu negara dirugikan ratusan juta atau bahkan hampir Rp1 miliar," tandasnya. (imc/fat)
Komentar

Berita Terkini