|

Duh, Sumut Peringkat ke-7 Terbanyak Kasus HIV/AIDS


INILAHMEDAN  - Medan: Provinsi Sumatera Utara berada di peringkat ke-7 terbanyak kasus HIV/AIDS di Indonesia setelah Provinsi Jawa Tengah.

Sekretaris Komisi Penanggulan AIDS (KPA) Sumut Rachmatsyah mengatakan hal itu, Jumat (30/11/2018).

Berdasarkan data dari Sistem Informasi HIV-AIDS (SIHA) Kementerian Kesehatan RI, Sumatera Utara hingga Desember 2017 memiliki kasus HIV sebanyak 14.891 dan AIDS sebanyak 3.916. 

"Dalam penanggulangan HIV dan AIDS, Provinsi Sumatera Utara saat ini menghadapi 7 tantangan. Ini sedang kita fokuskan agar tantangan perlahan-lahan dapat kita atasi," katanya saat pertemuan dengan wartawan di kantor KPA Jalan Veteran, Medan.

Tantangan yang pertama belum semua kabupaten/kota membentuk KPA sebagai lembaga koordinasi dalam penanggulangan HIV dan AIDS di daerah. 

Kedua belum semua dinas-dinas di lingkungan Pemprovsu mengalokasikan anggaran untuk penanggulangan HIV dan AIDS. 

"Yang ketiga KPA provinsi dan kabupaten/kota yang aktif dalam penanggulangan HIV dan AIDS masih belum memiliki anggaran yang cukup untuk melakukan upaya penanggulangan secara maksimal," ujarnya.

Yang keempat adanya stigma dan diskriminasi terhadap para ODHA dari masyarakat. Kelima, perkembangan kasus HIV dan AIDS masih didominasi usia produktif dengan faktor risiko utama hubungan seks. 

Untuk keenam belum maksimalnya penemuan kasus HIV dan AIDS dan ODHA yang harus mendapatkan CST (Care Support dan Treatment). Terakhir masih belum maksimalnya keberanian masyarakat memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada untuk mengetahui status HIV-nya. 

"Hal di atas sangat perlu mendapatkan perhatian dari semua pihak baik jajaran pemerintahan maupun masyarakat secara komprehensif dan momentum peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) 2018," katanya. (imc/fat)
Komentar

Berita Terkini