|

Dinkes Sumut Libatkan Lintas Sektor Sukseskan HKN ke-54


INILAHMEDAN - Medan: Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Utara tahun ini akan melibatkan lintas sektor dan lintas program terkait untuk menyukseskan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54.

Kepala Dinkes Sumut Agustama didampingi  Sekretaris Dinkes Sumut Ridesman mengemukakan hal itu, Jumat (09/11/2018). HKN jatuh pada 12 November.

Menurut Agustama, HKN tahun ini bertemakan ‘Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita’  akan diadakan di 2 kabupaten/kota. Pada bulan ini dilaksanakan di Medan dan Desember di Belawan. 

"Pada 2019 kita rencanalan digelar di 6 kabupaten kota dengan sistem pelayanan kepada masyarakat secara bergerak ke rumah-rumah.

"Tahun ini kita laksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya mengisi acara HKN kita buat jalan santai, ada juga seminar dan pengobatan gratis. Dan ini digelar hanya di Medan saja.

Kata Agustama, sistem pelayanan kepada masyarakat secara bergerak ke rumah-rumah bertujuan agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan.  

“HKN kali ini dibantu pihak rumah sakit TNI. Rencananya akan digelar di Astaka pada 12 November mendatang yang akan dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumut," katanya.

Sedangkan pelaksanaan HKN di Karo pada 26 November akan dilaksanakan senam bersama dilanjutkan dengan pelepasan 4 unit ambulans di 4 titik bakti sosial yaitu Kecamatan Tiganderket, Kecamatan Juhar, Kecamatan Lau baleng dan Berastagi. 

"Kita juga akan membagikan kacamata gratis di 3 kecamatan serta kegiatan pemeriksaan kesehatan lainnya,” katanya.

Kegiatan HKN ini, kata dia, juga melibatkan sejumlah wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Kesehatan (Forwakes). (imc/fat)

Komentar Anda

Berita Terkini