|

Atasi 2000 Ton Sampah Perhari, Eldin: Ini Solusinya


INILAHMEDAN - Medan: Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mengatakan bank sampah merupakan salah satu solusi dalam menanggulangi sampah di Kota Medan.

Sebagaimana diketahui, masyarakat Kota Medan menghasilkan sampah 2000 ton perhari. Untuk itu perlu penanggulangan sampah yang lebih serius dan dapat melibatkan langsung masyarakat.

"Bank sampah merupakan salah satu solusi untuk mengumpulkan sampah yang dihasilkan masyarakat," kata Wali Kota diwakili Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan Muhammad Husni dalam acara Sosialisasi Pengembangan Bank Sampah di Kota Medan di Andaliman Hall, Senin (19/11/2018).

Kata Wali Kota, Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan meluncurkan bank sampah sebagai inovasi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Sekaligus membantu pemerintah mengurangi volume sampah di Kota Medan.

"Bank sampah ini kita bentuk untuk menanggulangi bertumpuknya sampah yang ada saat ini. Dengan adanya Bank Sampah kita dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dengan mendaur ulang sampah menjadi kompos, tas dan sebagainya," katanya.

Wali Kota menambahkan nantinya sampah-sampah yang ada akan dipilah sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

"Nantinya sampah-sampah tersebut akan dipilah terlebih dahulu sesuai kelompoknya. Misalnya sampah organik dan anorganik. Ini akan diberlakukan di setiap kecamatan agar masyarakat gampang mengelola atau mendaur ulang sampah menjadi bahan yang bergunan nantinya," katanya.

Anggota Komisi VII DPR Abdul Wahab Dalimunthe mengapresiasi keseriusan Pemko Medan dalam pengembangan bank sampah di ibu kota Sumatera Utara ini. 

Keseriusan itu dibuktikan dengan telah terbentuknya Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bank Sampah di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan.

"Memang tanpa dukungan dari kepala daerah dan jajarannya, sebaik apa pun program pengembangan bank sampah ini tidak akan berjalan dengan baik," kata Wahab.

Kegiatan itu juga dihadiri Kasub Sarana dan Prasarana  Direktorat Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Agus Saefuddin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Medan Isa Anshari dan segenap pengelola bank sampah yang ada di Medan. (imc/bsk)

Komentar Anda

Berita Terkini