|

Pulihkan Sistem Kelistrikan, PLN Sumut Kirim 10 Relawan ke Palu dan Donggala


INILAHMEDAN - Medan: PT PLN Wilayah Sumatera Utara memberangkatkan relawannya ke Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Selasa (02/10/2018) malam.

Tujuan relawan untuk misi kemanusiaan sekaligus percepatan pemulihan sistem kelistrikan pasca gempa dan tsunami di Palu, Sigi dan Donggala.

Untuk tahap ini, seluruh relawan yang diberangkatkan berjumlah 10 orang dengan rincian 2 orang pihak PLN yakni
Azhar Effendy dan Aji Saka yang bertindak sebagai koordinator dan 8 orang lainnya merupakan teknisi lapangan dari pihak rekanan. Mereka adalah Kurniawansyah, Gunawan, Mustanuddin Hutabarat, Edi Suroto, Lukmin Sinaga, Rudi Mingklinton, Iskandar dan Rinaldi Syahnaran Siregar.

Keberangkatan para relawan ini dilepas Direktur Bisnis Regional Sumatera (Diregsum) Wiluyo Kusdwiharto lewat prosesi upacara yang berlangsung di halaman Ruang VIP Bandara Internasional Kualanamu Deliserdang.

Pelepasan para relawan juga ditandai dengan pemasangan secara simbolis pakaian K3 yang nantinya wajib digunakan selama bertugas.

Diregsum Wiluyo Kusdwiharto dalam keterangannya mengatakan, pelepasan 10 relawan ini merupakan lanjutan setelah sebelumnya PLN di regional Sumatera juga telah memberangkatkan relawannya ke lokasi yang terdampak bencana tersebut.

"Sejauh ini sudah diberangkatkan 10 orang relawan dari Bangka Belitung, 10 orang dari Riau dan 7 orang dari P3BS Sumatera. Sejauh ini semua total menjadi 37 orang relawan termasuk Sumatera Utara untuk hari ini," ungkap Wiluyo.

Dengan demikian, kata Wiluyo, total keseluruhan relawan dari PLN yang sudah diberangkatkan mencapai hampir 500 orang.

"Jumlah ini nantinya akan terus bertambah mengingat banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan guna memulihkan listrik di sana. Tidak ada waktu pasti sampai kapan para relawan akan berada di sana. Diharapkan seluruh relawan dapat membenahi jaringan distribusi yang rusak akibat gempat dan tsunami," imbaunya.

Wiluyo Kusdwiharto juga berpesan kepada tim relawan agar dapat bekerja dengan baik, selalu memakai pakaian standar keamanan saat bekerja dan selalu mengutamakan keselamatan. 

"Seluruh relawan harus selalu saling berkomunikasi antar tim, selalu melapor kepada ketua rombongan agar semua tetap terkoordinir," harapnya.

Terkait pemulihan listrik di Palu, Sigi dan Donggala ini juga, sambung Wiluyo, sebelumnya sudah ada kapal listrik yang diberangkatkan dari Kupang dan untuk selanjutnya akan terus didistribusikan alat-alat, genset-genset, mobil crane. 

"Kami upayakan dalam waktu seminggu ini listrik dapat kembali pulih," pungkasnya.

Tampak hadir dalam pelepasan relawan yakni GM PLN Wilayah Sumut Feby Joko Priharto, seluruh Senior Manajer dan sejumlah Manajer Area. (imc/rel)
Komentar Anda

Berita Terkini