|

PLN dan Pemrov Sumut MoU Layanan Satu Pintu


INILAHMEDAN - Medan: PT PLN dan Pemerintah Provinsi Sumut bersinergi mewujudkan Sumut menjadi daerah tujuan pariwisata dan investasi.

Sinergisitas itu dilakukan lewat penandatanganan MoU Layanan Satu Pintu yang dilakukan General Manager PT PLN Wilayah Sumut Feby Joko Priharto dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi diwakili Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah di Balai Agung Astakona PLN Wilayah Sumatera Utara.

MoU tersebut berisi tentang sinergi informasi khususnya informasi terkait penanaman modal dan kemudahan mendapatkan listrik bagi penanam modal di Provinsi Sumatera Utara. 

Percepatan pencapaian target realisasi penanaman modal, pertumbuhan ekonomi dan pariwisata, serta penyerapan tenaga kerja merupakan beberapa alasan yang melatarbelakangi penandatanganan MoU ini.

Dengan kondisi kelistrikan Sumut yang semakin andal, PLN siap mendukung Pemprov Sumut untuk menarik investor sebanyak-banyaknya, menumbuhkembangkan pariwisata dan perekonomian Sumut, dan menjadikan Sumut sebagai daerah tujuan investasi. 

Dengan beban puncak sekitar 2.150 MW pada sistem Sumbagut, PLN memiliki reserve margin sebesar 10-20 persen atau sekitar 300 MW. 

RUPTL PLN 2018 juga menunjukkan bahwa pada tahun ini PLN akan memperoleh total penambahan suplai daya pembangkit sebesar 399 MW dan RUPTL 2020 menunjukkan angka penambahan daya pembangkit mencapai 1.680 MW.

Sebagai informasi, pertumbuhan kwh jual di Sumut pada tahun 2018 mencapai 9 persen. Ini dua kali lipat pertumbuhan kwh jual nasional yang baru mencapai 4 persen.

Dalam semarak investasi dan kontribusi nyata PLN dalam memenuhi suplai listrik, disaksikan langsung Wagubsu Musa Rajekshah, PLN  juga menandatangani beberapa MoU lainnya, seperti layanan premium dengan Bank Sumut serta Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Kemudian MoU Penyambungan Baru Perumahan dengan Apersi dan Apersi Bersatu, serta MoU Layanan Protokoler Bandara dengan PT Gapura Angkasa sebagai wujud untuk memberikan pelayanan tambahan kepada pelanggan prioritas PLN.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama Layanan Prioritas antara PLN dan RS Royal Prima. Dengan kapasitas daya 865.000 dan 1.100.000 VA PLN siap memberikan layanan terbaiknya bagi RS Royal Prima dan membuat RS Royal Prima menjadi rumah sakit pertama di Sumatera Utara yang menggunakan layanan prioritas.

Kecukupan energi listrik yang dimiliki sistem Sumbagut ini diharapkan dapat mendorong pariwisata dan perekonomian Sumut, meningkatkan jumlah investasi ke Sumut,  meningkatkan daya saing, membantu percepatan pembangunan, serta tentunya meningkatkan kepuasan pelanggan PLN menjadi hal yang utama. (imc/rel)
Komentar

Berita Terkini