|

Galeri Foto Wali Kota Medan Hadiri Pembukaan MTQN XXVII


Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menghadiri acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional XXVII tahun 2018 yang dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Arena Utama (Astaka) Jalan Williem Iskandar, Ahad malam (07/10/2018). Festival pemuliaan kitab suci Alquran itu yang berlangsung 7-13 Oktober. Wali Kota hadir didampingi Ketua TP PKK Rita Maharani.



Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug yang dilakukan Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Pembukaan juga dihadiri para duta besar negara sahabat serta kepala daerah kabupaten/kota se-Sumut dan ribuan warga.


Presiden dalam sambutanya mengatakan Alquran sejak diturunkan pertama kali oleh Allah SWT sudah menjadi pedoman mulia bagi umat Islam untuk keluar dari fase kegelapan menuju fase terang benderang.


Kata Presiden, Alquran juga menjadi petunjuk bagi manusia untuk mengetahui yang hak dan batil. Alquran juga menjadi sumber inspirasi bagi para ulama dan akademisi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pada akhirnya menghadirkan kemajuan bagi kehidupan manusia.



Presiden Jokowi mengajak seluruh masyarakat untuk memandang MTQ tidak hanya sebagai sebuah acara rutin ataupun sebagai lomba membaca Alquran, melainkan sebagai suntikan energi bagi umat Islam di Indonesia. Artinya membumikan Alquran dalam dunia nyata dan dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim.



Presiden berharap agar MTQN XXVII menjadi salah satu sumber kesejukan, sumber mata air dan tentunya melimpahnya ukhuwah islamiyah. “Hati merasa damai dan tentram setiap kali membaca Alquran. Perasaan ini harus kita rawat dan kita tularkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu saya percaya tidak akan ada lagi yang namanya hoax, fitnah, caci-mencaci di antara sesama umat dan tidak akan ada lagi gesekan antara saudara sebangsa dan setanah air,” harapnya.


Pembukaan MTQN ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera MTQ oleh Paskibraka Provinsi Sumatera Utara dengan diiringi lagu Mars MTQ. Ribuan pengunjung yang hadir juga dihibur dengan penampilan group musik Bimbo dan tarian multietnis serta tarian kolosal pelajar MAN 1 dan MAN 2 Model.


Sementara Wali Kota berharap pelaksanaan MTQN berjalan sukses dan lancar. Diharapkannya MTQN dapat dijadikan wahana menumbuhkan semangat untuk membaca dan mempelajari Alquran sehingga dapat menjadi pedoman hidup dalam menghadapi derasnya arus globalisasi.


Wali Kota juga berharap pelaksanaan MTQN dapat mendorong komitmen untuk mengaktulisasikan nilai kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadikan seluruh masyarakat, terutama warga Kota Medan yang religius, harmoni dan berkarakter. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini