|

Penanggulangan Bencana Masih Sporadis, Pemko Medan Bentuk TRC-PB


INILAHMEDAN - Medan: Pemerintah Kota Medan akan membentuk Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB). Rencana pembentukan tim ini karena penanggulangan bencana di Kota Medan masih bersifat sporadis.

"Jadi ke depan penanggulangan bencana harus lebih terstrukur sehingga lebih maksimal," kata Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution ketika memimpin Rapat Pembentukan TRC-PB di Ruang Rapat II, Kantor Wali Kota Medan, Selasa (25/09/2018).

Rapat dihadiri Komandan Batalyon Pangkalan I Belawan Letkol Marinir, James Munthe, Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring, perwakilan Kodim 0201/BS, perwakilan Kapolrestabes Medan, perwakilan Basarnas Sumut dan sejumlah pimpinan OPD lingkungan Kota Medan.

Kata Akhyar, kehadiran tim ini nantinya dapat melaksanakan pengkajian secara cepat dan tepat di lokasi bencana dalam waktu tertentu. Yakni dengan mengidentifikasi cakupan lokasi bencana, jumlah bencana, kerusakan prasarana dan sarana, gangguan terhadap fungsi pelayanan umum dan pemerintahan serta kemampuan sumber daya alam maupun buatan serta saran yang tepat membantu untuk mengkoordinasikan sektor terkait dalam penangangan darurat bencana.

Akhyar mengatakan harus ada sebuah penelaahan mengenai pemukiman di pinggiran sungai. Sebab saat ini warga sudah banyak yang mendiami daerah pinggiran sungai bahkan sudah sampai ke badan sungai.

"Hal ini perlu ditinjau ulang karena masyarakat yang bermukim di daerah pinggiran sungai rentan menjadi korban banjir. Di samping itu daerah aliran sungai merupakan daerah resapan yang seharusnya tidak didiami masyarakat," katanya.

Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring menjelaskan bahwa TRC-PB ini diperlukan Kota Medan untuk penanganan bencana yang lebih cepat dan terpadu. Selain itu keberadaan tim ini juga akan semakin mempermudah jika ada bantuan dari BNPB untuk penanggulangan bencana di Kota Medan.(imc/bsk)


Komentar

Berita Terkini