|

Wali Kota Minta Bantuan Singapura Majukan Pariwisata Medan


INILAHMEDAN - Medan: Wali Kota Medan Dzulmi Eldin meminta dukungan serta bantuan Singapura untuk memajukan pariwisata di Kota Medan. Sebab, jumlah wisatawan yang mengunjungi negara berjuluk Negeri Singa itu cukup tinggi. Setiap tahunnya sekitar 11 juta wisatawan berkunjung ke Singapura untuk menikmati destinasi wisatanya.

Permintaan ini disampaikan Wali Kota ketika menerima kunjungan Mohammad Maliki selaku Menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan dan Wali Kota Singapura, di Rumah Dinas Wali Kota Medan Jalan Sudirman, Selasa (14/08/2018).

Diungkapkan Wali Kota, salah satu penyebab rendahnya tingkat kunjungan  wisatawan ke Kota Medan akibat kurangnya informasi mengenai kota ini. Kondisi ini mengakibatkan wisatawan mancanegara yang mengunjungi ibukota Provinsi Sumatera Utara ini hanya sekitar 250.000 orang pertahunnya.

Selama ini, kata Wali Kota, wisatawan hanya tahu tempat wisata yang ada di Indonesia hanya Bali dan sejumlah tempat di Pulau Jawa. “Padahal Kota Medan memiliki sejumlah destinasi yang sangat menarik,” kata Wali Kota.

Di samping itu, ungkapnya, informasi mengenai Kota Medan yang diterima para wisatawan hanya sampai di Singapura dan Malaysia saja.

“Informasi tentang wisata di Kota Medan kurang diterima para turis. Untuk itu saya berharap dapat dibuat paket kerja sama wisata dengan Singapura. Dengan demikian para wisatawan yang berkunjung ke Singapura juga dapat mengunjungi Kota Medan,” ungkapnya.

Keinginan Wali Kota langsung diamini Menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan dan Wali Kota Singapura tersebut. Dikatakan Maliki, pihaknya siap menindaklanjuti keinginan Wali Kota. Salah satu tawaran yang diajukan yakni kerja sama industri kapal layar dengan membuka rute pelayaran Singapura, Batam dan Kota Medan.

“Dengan dibukanya kerja sama industri pelayaran ini, saya kira wisatawan mencanegara yang selama ini mengunjungi Singapura akan tertarik mengunjungi Kota Medan. Kita siap merealisasikan kerja sama ini,” jelas Maliki.

Didampingi Konjen Singapura untuk Kota Medan Richard Grosse beserta sejumlah staf, Maliki memaparkan, setiap tahunnya ada sekitar 60 juta wisatawan yang mendarat di Bandara Udara Internasional Changi Singapura. Dari jumlah tersebut, sekitar 11 juta yang mengunjungi negara dengan luas wilayah sekitar 719,9 km2 itu.

Selain pariwisata, Maliki juga melihat banyak potensi yang ada di Sumut, terutama Kota Medan, yang bisa dikelola bersama sehingga mendatangkan keuntungan dan kesejahteraan bagi masyarakatnya.

Oleh karenanya Maliki berharap agar hubungan kerjasama dengan Kota Medan dapat ditingkatkan lagi, sehingga para investor dari negaranya dapat berinvestasi di kota yang berjuluk Tanah Deli tersebut. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini