|

PLN Siap Suplai Daya Baru Untuk 20 Ribu Rumah Bersubsidi


INILAHMEDAN - Medan: PT PLN Wilayah Sumatera Utara siap melakukan pemasangan jaringan listrik baru sebanyak 20 ribu unit rumah subsidi di Sumatera Utara pada tahun ini. Ini merupakan bagian program satu juta unit rumah bersubsidi yang merupakan program Presiden Jokowi.

Hal itu terungkap dalam kerja sama atau MoU antara PT PLN Wilayah Sumatera Utara dengan DPD Real Estate Indonesia (REI) Sumatera Utara di Hotel Grand Aston, Medan, Selasa (10/07/2018).

General Manager PLN Wilayah Sumatera Utara Feby Joko Prihanto mengatakan dengan kerja sama ini akan mengsinkronkan program kerja antara REI dan PLN Sumatera Utara. Saat ini kondisi pasokan listrik di Sumatera Utara surplus.

"Dengan ini kita harapkan bisa bermanfaat secara luas oleh teman-teman asosiasi perumahan, terutama REI. Kita harapkan dengan program nawacita Pemerintah Indonesia rumah rakyat terwujud dengan mematangkan lagi program kerja kita," sebut Feby.

Melalui MoU ini, Feby menyebutkan pihaknya siap mengalirkan listrik kepada perumahan baru di Sumatera Utara. Hal ini tidak terlepas dari kontribusi PLN untuk masyarakat. Kemudian listrik menjadi fasilitas utama dari perumahan yang dibangun tersebut.

"Untuk ke depannya lebih baik lagi. Kalau bicara konsep tenaga listrik, pastinya adanya konsep ketersediaan. Untuk di Sumatera Utara ini kita memiliki ketersediaan 15 sampai 20 persen," jelas Feby.

Feby menjelaskan keseterdian pasokan listrik yang berlebih ini. Tidak lepas dari suplai tenga listrik dimiliki PLN Sumut seperti Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara dengan jumlah 330 MW.

"Kemudian, Sourek Merapi,‎ pangkalan susu 3 dan 4 PLTU. Dengan ini, semakin banyak tenaga-tenaga listrik untuk menambahkan kekuatan cadangan daya listrik di Sumatera Utara," tutur Feby.

Dengan cadangan berlebih, Feby siap memberikan pasokan listrik untuk kebutuhan masyarakat, industri dan bisnis. Termasuk perumahan baru yang ada wilayah kerja PLN Sumatera Utara.

Sementara itu Ketua DPD REI Sumatera Utara Andi Admoko Panggabean mengatakan pihaknya akan membangun 20 ribu rumah subsidi di Sumut hingga akhir tahun 2018.

Andi mengungkapkan REI sendiri‎ mengalami kesulitan untuk mengajukan sambungan listrik untuk perumahan baru yang dibangun.

"Dengan MoU ini, PLN siap mendukung pasokan listrik untuk program Pak Jokowi untuk kebutuhan rumah bersubsidi," katanya. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini