|

Spanduk 'Mari Bersama Tamasya Al Maidah' Muncul di Medan


INILAHMEDAN - Medan: Spanduk bertuliskan 'Mari Bersama Tamasya Al Maidah' terlihat di sejumlah lokasi di Medan. Salah satunya di bawah jembatan fly over di Jalan Jamin Ginting. Dalam spanduk itu terlihat foto Habieb Riziq Sihab. Dalam spanduk itu tertera logo GNPF Ulama berikut nomor hape dan nomor rekening. Selain itu ada juga tertulis Kawal dan Panyau Suara Umat bersama tim tamasya Al Maidah 51 Sumetara Utara.

Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumut Syafrida Rahmawati Rasahan saat dihubungi wartawan terkait spanduk dirinya tidak mempersoalkannya selama isi yang ada di spanduk tidak mengandung kampanye atau pun ajakan untuk memilih salah satu paslon Gubsu dan Wagubsu.

"Selama kegiatan itu tidak mengandung unsur politik dan tidak untuk berkampanye, saya rasa itu boleh-boleh saja. Siapa pun boleh melakukan kegiatan seperti tablig akbar selama itu tidak mengganggu pelaksanaan pemilihan," ujarnya.

Ditambah Syafrida, Bawaslu tetap akan melakukan penindakan kepada pasangan calon jika pada masa minggu tenang ada melakukan kampanye. Namun kalau tidak berhubungan dengan pelaksanaan pemilu, Bawaslu tidak bisa mencampuri.

"Mungkin bisa ditanyakan langsung ke pihak kepolisian terkait izin keramaiannya. Intinya sejak tanggal 24 sampai 26 kita sudah intruksikan untuk tidak ada kegiatan kampanye," jelasnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Mulia Banurea saat dikonfirmasi terkait spanduk tersebut mengaku itu bukan masuk ranah KPU.

KPU sebagai pelaksana teknis, kata dia, bertugas melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan pemilu dan penyiapan alat-alat peraga.

"Kalau masalah kegiatan yang mungkin mengerahkan massa dalam jumlah besar merupakan ranahnya kepolisian terkait izin keramaiannya. Kita hanya berharap pelaksanaan pilkada untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dapat berjalan lancar dan aman," katanya.

Sementara Kasat Intel Polrestabes Medan AKBP M Sembiring saat dikonfirmasi mengaku belum ada menerima surat permohonan untuk izin keramaian atas spanduk tersebut.

Berikut lokasi yang ada terdapat spanduk yakni Jalan SM Raja dekat Taman Makam Pahlawan, Bundaran Polonia depan Hotel Pardede, Simpang STM Tritura, Simpang Karya Jaya, Fly Over Jamin Ginting, Simpang Karya Wisata. (imc/rel)

Komentar

Berita Terkini