|

Perempuan Pertama di Sumut Jabat Sekda, Ini Penilaian Erry ke Sabrina

Hj Sabrina saat dilantik menjadi Sekdaprovsu di kantor Gubernur Sumut. (foto:ist)

INILAHMEDAN - Medan: Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi percaya Sabrina mampu mengemban tugas-tugas administratif dan berkomunikasi secara intensif, produktif kepada institusi baik internal maupun eksternal.

“Sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) perempuan pertama di Sumut, Ibu Sabrina diyakini dapat memberikan kontribusi yang besar untuk lebih mendinamisasikan Pemprovsu," kata Tengku Erry usai melantik Sabrina sebagai Sekdaprovsu di kantor Gubernur Sumut Jalan Pengeran Diponegoro Medan, Jumat (08/06/2018).

Menurut Erry, menjadi sekda bukan hanya melaksanakan tugas-tugas rutin semata, tetapi dapat membaca situasi, menentukan langkah-langkah taktis dan strategis dalam rangka menata, membina dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Di tangan saudarilah upaya mendorong terlaksananya berbagai kebijakan pemerintah daerah,” ujarnya.

Dalam melaksanakan tugasnya, Sekda harus memerhatikan tingkat kedisiplinan, melakukan upaya untuk menyeimbangkan antara peningkatan kesejahteraan dengan hukuman (reward dan punishment) dan dayagunakan semua potensi ASN yang dimiliki dengan prinsip birokrasi yang cepat, tepat, akurat dan taat azas.

Dijelaskannya, mekanisme dalam proses penetapan jabatan sekda ini merujuk pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara antara lain mengamanatkan bahwa untuk pengisian jabatan pimpinan tinggi madya/Sekda dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan ASN dengan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan dan integritas serta persyaratan jabatan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yang dilakukan secara terbuka dan kompetitif pada tingkat nasional atau antar provinsi.

Diketahui, Sabrina bukanlah wajah baru di kalangan pejabat Pemprovsu. Sebelumnya dia pernah menjabat Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Pemprovsu, Plh Sekdaprovsu, dan terakhir sebagai Staf Ahli Menteri KLHK bidang Pangan, sebelum diangkat menjadi Sekdaprovsu.(imc/bsk)




Komentar

Berita Terkini