|

Literasi Diperlukan Untuk Bangun Sumut


INILAHMEDAN - Medan: Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengatakan literasi sangat perlu bagi pejabat. Sebab, pengetahuan yang diperoleh dari literasi diperlukan untuk membangun Sumatera Utara.

"Diperlukan pengetahuan yang berasal dari literasi untuk membangun Sumatera Utara," ujar Erry Nuradi saat menghadiri buka puasa bersama dengan pegawai Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara di gedung Perpustakaan Sumatera Utara di Medan, Kamis (07/06/2018).

Erry menjelaskan membangun budaya literasi adalah upaya membangun Sumatera Utara. Untuk itu, gerakan literasi sangat perlu didukung. Setiap pemimpin daerah harus ikut menggiatkan budaya literasi di daerahnya masing-masing.

“Keberhasilan pembangunan di daerah ditentukan dengan seberapa besar budaya literasi di daerah tersebut,” katanya.

Dikatakan Erry, dengan literasi dapat diketahui berbagai macam pengetahuan yang terus berkembang, misalnya teknologi. “Ini didapatkan jika kita banyak membaca,” ujarnya.

Gerakan literasi yang dilakukan forum literasi selama ini, harap Erry, dapat membuat masyarakat Sumut menjadi lebih maju. Serta menciptakan peradaban yang lebih baik pula. Oleh sebab itu, perpustakaan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan.

"Ciri dari negara maju terlihat dari budaya literasinya. Negara maju terlihat dari ramainya perpustakaan. Dengan makin giatnya budaya literasi, akan mengurangi hal-hal negatif pada masyarakat terutama remaja,” katanya.

Hadir dalam acara itu Ketua Forum Literasi Sumatera Utara Hasban Ritonga dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara Ferlin H Nainggolan. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini