|

Gubernur Sumut Bertemu Sultan Deli di Makassar


INILAHMEDAN - Makassar: Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi berkesempatan bersilaturahmi dengan Sultan Deli XIV Mahmud Aria Lamanjiji Perkasa Alam di Makassar di sela-sela kunjungannya ke kota itu dalam rangka menerima Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI. Kedua pemimpin Melayu ini terlibat obrolan akrab tentang kondisi Sumut.

Sebelum menghadiri Hari Koperasi Nasional, Rabu (12/07/2017), Tengku Erry mendatangi kediaman Sultan Deli di Makassar. Sultan yang masih berusia 18 tahun itu menetap di Kota Makassar bersama ibunda dan kakek neneknya.

Kedatangan Gubernur bersama istri Evi Diana dan beberapa pejabat jajaran Pemprov Sumut disambut akrab sang Sultan. Dengan senyum ramah Lamanjiji menyalami semua yang datang.

Tidak menunggu lama, obrolan keduanya berjalan santai dan akrab. Lamanjiji didampingi neneknya bertanya banyak tentang perkembangan Sumatera Utara. Tengku Erry tampak semangat menjelaskan progres pembangunan di Sumatera Utara terutama soal infrastruktur.

"Airport kita adalah yang terbaik di Indonesia. Dalam waktu dekat jalan tol Medan-Tebingtinggi dan Medan-Binjai akan beroperasi," terang Tengku Erry.

Lamanjiji menimpali bahwa Kota Medan dan Sumut secara umum sangat potensial untuk dikembangkan pariwisatanya. "Destinasi wisata di Medan dan Sumut juga banyak, apalagi dekat Singapura pak, bisa dikembangkan," ujarnya.

Obrolan kemudian mengalir santai, menyentuh berbagai topik bahkan politik. Di antaranya tentang Istana Kesultanan Deli yaitu Istana Maimoen yang merupakan landmark Sumatera Utara.

Setelah itu, keduanya membicarakan kenangan masa lalu, tentang ayahanda Laminjiji yang gugur pada kecelakaan heli ketika bertugas di Aceh. Diceritakan Erry, setelah 40 hari wafatnya ayahanda Lamanjiji yang selain sultan juga prajurit TNI, kakak kandung Erry, HT Rizal Nurdin yang sedang menjabat Gubernur Sumut juga gugur dalam kecelakaan pesawat terbang.

Meski masih berusia belia, Sultan Deli XIV yang diangkat sejak 22 Juli 2005 ini memiliki wawasan luas dan kemampuan komunikasi yang baik. Hal itu terlihat jelas sepanjang obrolannya dengan Tengku Erry. Saat ini Lamanjiji sedang menempuh pendidikan di Universitas Diponegoro mengambil studi Teknik Lingkungan.

Menutup perjumpaan, Gubsu Erry mengabadikan pertemuan tersebut dengan berfoto bersama. Sultan mengucapkan terimakasih atas kunjungan tersebut. (bsk)
Komentar

Berita Terkini